nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosok Jokowi Dinilai Akan Dongkrak Suara Gibran di Pilwalkot Solo

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 07:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 19 337 2106633 sosok-jokowi-dinilai-akan-dongkrak-suara-gibran-di-pilwalkot-solo-1hqzeXI4Ch.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pengamat Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, bahwa citra baik yang dimiliki oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendongkrak perolehan suara Putra Sulungnya Gibran Rakabuming bila maju di perhelatan Pilwalkot Solo 2020 mendatang.

“Ini kan karena beliau kebetulan anak Jokowi, umumnya publik menilai begitu, bukan karena kemampuan dirinya sendiri, bukan politisi yang lahir dari bawah, orang tuanya bukan siapa-siapa, bukan mendompleng, politisi yang lahir dari kemampuan dirinya sendiri,” kata Pangi kepada Okezone, Kamis (19/9/2019).

 Baca juga: Gibran Tanyakan Mekanisme Pencalonan Wali Kota Solo Lewat PDIP ke FX Rudy

Ia mengimbau kepada putra pertama Jokowi itu agar tak menjadi seorang politikus yang karbitan. Dia harus mengeluarkan terobosan-terobosan yang bisa menjangkau kalangan milenial maupun orang tua.

“Jangan sampai menjadi politisi karbitan, hanya karena bapaknya presiden, murni anak tersebut punya kemampuan dan chemestry politik ada, gen politik itu belum sama seperti bapaknya, jadi yang penting memimpin karena nepotisme namun memimpin murni kemampuan, kapasitas, kridibel, dan punya narasi terobosan,” ujarnya.

 Baca juga: Gibran Anak Jokowi Mendadak Temui Wali Kota Solo di Rumah Dinas, Ada Apa?

Menurut dia, Gibran harus bisa membuktikan kepada publik bahwa dirinya bisa sukses sebagai pengusaha dan politikus tanpa membawa embel-embel nama Jokowi dalam kampanye Pilwalkot nanti.

“Setahu saya selama ini kan beliau selalu bilang saya tak tertarik, biar jualan gorengan saja. Nah sekarang tertarik terjun ke dunia politik praktis, kalau itu murni lahir dari gen politik beliau, memang bakat dan chemstry beliau di sana dengan syarat bukan menjadi politisi karbitan,” katanya.

Sebelumnya, Gibran mendadak bertemu dengan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Rumah Dinas Lodji Gandrung. Keduannya menggelar pertemuan empat mata selama 15 menit, kemarin. Rudy mengatakan bahwa Gibran bertanya tentang mekanisme pencalonan sebagai wali kota Solo dari PDIP.

"Pada mas Gibran saya tadi menjelaskan secara singkat bagaimana mekanisme pendaftaran bila ingin maju melalui PDIP," ujar Rudy.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini