nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Cari Tahu Penyebab Pesawat Twin Otter Hilang Kontak di Papua

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 21:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 337 2106549 menhub-cari-tahu-penyebab-pesawat-twin-otter-hilang-kontak-di-papua-Q87tyQAzhE.jpg Menhub Budi Karya Sumadi. (Dok Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Pesawat kargo jenis DHC-6 Twin Otter dilaporkan hilang kontak atau lost contact dalam penerbangan dari Timika, Kabupaten Mimika menuju Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (18/9/2019).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan mencari tahu penyebab pesawat Twin Otter tersebut hilang kontak. Ia juga terus melakukan koordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas).

“Kita lagi menginventarisasi, tapi dari Basarnas ada beberapa indikasi,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Sementara dari hasil laporan Basarnas, pesawat tersebut berangkat Timika, kemudian last contact. Basarnas kemudian langsung melakukan operasi SAR. Namun, pencarian hari ini belum membuahkan hasil.

Posisi terakhir pesawat saat hilang kontak berada di Papua (Foto: Okezone.com/Saldi Hermanto)

Dari hasil analisis sementara, diduga karena faktor cuaca yang kurang bagus dan rawan. Meskipun begitu, Basarnas terus melakukan upaya-upaya semaksimal mungkin untuk menemukan pesawat yang hilang kontak.

Sebagai informasi, pesawat milik PT Carpediem Aviasi Mandiri dengan registrasi PK-DC itu diketahui lepas landas atau take off dari Bandara Mozes Kilangin Timika sekira pukul 10.39 WIT tadi, dan diperkirakan mendarat di Bandara Ilaga pukul 11.29 WIT. Namun, hingga kini pesawat tersebut belum diketahui keberadaannya.

"Telah terjadi (hilang kontak-red) setelah 2,5 jam (penerbangan-red) dari waktu yang harus dia landing di Ilaga," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Yan S Purba saat dikonfirmasi Okezone.


Baca Juga : Pesawat Twin Otter Hilang Kontak dalam Penerbangan di Papua

Dia mengatakan pihak Airnav sebagai pemandu lalu lintas udara sudah memublikasikan pesawat Twin Otter tersebut hilang kontak.

Menurut Yan, pesawat yang hilang kontak tersebut terbang dari Timika menuju Ilaga tidak membawa penumpang, melainkan hanya memuat barang-barang kargo.

"Jenis pesawatnya Twin Otter. Pesawatnya lagi muat kargo," ujarnya.


Baca Juga : Pencarian Pesawat Twin Otter yang Hilang Kontak di Papua Dilanjutkan Besok

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini