Karhutla Riau, Wiranto : Tak Separah Seperti yang Diberitakan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 18 September 2019 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 18 337 2106523 karhutla-riau-wiranto-tak-separah-seperti-yang-diberitakan-FbQM6yomag.jpg Menko Polhukam Wiranto

JAKARTA - Menko Polhukam Wiranto mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau tak separah apa yang diberitakan. Ia pun menyebut masih banyak masyarakat yang tak memakai masker saat berada di luar ruangan.

"Saat saya meninjau dengan Presiden antara realitas yang dikabarkan dengan realitas yang ada di lapangan itu sangat berbeda. Dan ternyata kemarin waktu kita di Riau itu tidak separah yang diberitakan. Jarak pandang masih bisa, pesawat mendarat juga masih bisa. Masyarakat juga belum banyak pakai masker, kita pun tidak pakai masker," ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Mantan Panglima ABRI itu mengungkapkan bahwa jarak pandang di Riau juga masih terlihat sangat jelas. Saat berada di atas pesawat juga awan-awan juga terlihat jelas.

Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan

Dirinya pun berharap, kondisi kabut asap di Provinsi Riau bisa semakin membaik. Selain itu, ia mengajak semua pihak untuk tidak saling menyalahkan karena persoalan karhutla.

"Tidak hanya tugas pemerintah tapi tugas kita bersama agar titik api semakin tahun semakin berkurang," imbuhnya.

Baca Juga : Atasi Kabut Asap, Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca Diperluas ke Kalimantan

Ia pun memastikan penegakan hukum akan dilakukan secara tegas kepada terduga pembakar hutan dan lahan baik perorangan maupun korporasi.

"Karena itu semua merusak alam. Alam harus kita jaga, lingkungan kita jaga, tatkala kita jaga alam akan memberikan manfaat kepada kita," imbuhnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini