Trenggiling 'Si Manis' yang Terancam Punah Ditemukan Mati Akibat Karhutla Riau

Qur'anul Hidayat, Okezone · Rabu 18 September 2019 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 18 337 2106451 trenggiling-si-manis-yang-terancam-punah-ditemukan-mati-akibat-karhutla-riau-p89bb3rKeD.JPG Seekor trenggiling ditemukan mati akibat karhutla. (Foto: Instagram @makassar_iinfo)

JAKARTA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau telah merugikan tak hanya manusia, tapi juga binatang yang tinggal di sana. Salah satu yang jadi korban adalah trenggiling yang masuk kategori terancam punah.

Foto seekor trenggiling mati akibat karhutla viral di media sosial setelah diunggah akun Instagram @makassar_iinfo. Seorang petugas terlihat memegang trenggiling malang itu di tengah bekas kebakaran hutan dan lahan.

"Korban karthutla Riau.. Trenggiling si manis yang terancam punah," tulis akun tersebut, seperti dikutip Okezone, Rabu (18/9/2019).

Trenggiling sering juga disebut 'si manis' karena nama ilmiahnya adalah manis javanica. Menurut International Union fot Conservation of Nature (IUCN), trenggiling masuk dalam daftar merah karena terancam punah.

Foto: IUCN Red List

Matinya trenggiling akibat karhutla ini membuat banyak masyarakat terpukul. Mereka menyesalkan kebakaran yang terjadi akibat ulah tangan-tangan tak bertanggungjawab.

"Apakah hewan yang hidup di hutan negri ini tdak boleh mendapatkan hak untuk tinggal di sni," tulis @muhrestuiswahyudii.

"Kok nyesek liat beginian," tulis @arif_al94.

"Hanya ada satu kata LAWAN!!!" komentar @frhnashri.

"Begitu banyak korban dalam kejadian ini, di kalimantan pun," tulis @liliskarllina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini