nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang HUT Ke-74 TNI, Panglima Ziarah ke Makam Soekarno

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 16:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 18 337 2106399 jelang-hut-ke-74-tni-panglima-ziarah-ke-makam-soekarno-VJZ3VlJy2g.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ziarah ke Makam Bung Karno, di Jawa Timur, Rabu (18/9/2019). (Dok Puspen TNI)

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ziarah ke makam proklamator kemerdekaan RI, Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Rabu (18/9/2019). Panglima TNI yang ditemani Ketua Umum Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto itu melakukan ziarah jelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 TNI.

Panglima TNI dan rombongan tiba di areal Makam Bung Karno (MBK) sekira pukul 11.40 WIB. Tak lama berselang Panglima memasuki areal cungkup MBK lantas memimpin upacara penghormatan kepada mendiang mantan Presiden Pertama Republik Indonesia tersebut. Panglima TNI juga meletakkan karangan bunga di depan cungkup makam Sang Proklamator.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara penghormatan terhadap mendiang Soekarno saat ziarah ke makamnya di Blitar, Jatim, Rabu (18/9/2019). (Foto : Dok Puspen TNI)

Usai upacara, Panglima TNI berdoa di depan nisan Bung Karno, didampingi sejumlah pejabat TNI. Di antaranya Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, serta segenap pejabat dari Mabes TNI.

"Kegiatan ini adalah tradisi Tentara Nasional Indonesia dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI 5 Oktober nanti," tutur Panglima TNI, dalam keterangannya, Selasa (18/9/2019).


Baca Juga : TNI Mutasi Jabatan 31 Perwira Tinggi

Ia pun mengingatkan kembali kalimat dari Soekarno, yakni “Jas Merah” atau Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Ia mengatakan, ini adalah sebuah tradisi yang sangat baik untuk mengingatkan bagi generasi milenial untuk mengerti dan memahami perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan.

Setelah dari makam Bung Karno, Panglima TNI juga akan ziarah ke makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur bertempat di Kompleks Pesantren Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur.


Baca Juga : Kisah Babinsa Hidupi Puluhan Yatim, Jual Sajadah hingga Agen Bangunan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini