nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pansus Pemindahan Ibu Kota Akan Panggil Anies Baswedan dan Isran Noor

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 15:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 337 2106368 pansus-pemindahan-ibu-kota-akan-panggil-anies-baswedan-dan-isran-noor-AEocttF0Pb.JPG Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota, Zainudin Amali (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota, Zainudin Amali berencana memanggil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan untuk dimintai pendapat terkait rencana pemindahan ibu kota. Pansus ingin mendengar pandangan Anies terkait kondisi Jakarta setelah tidak lagi menjadi ibu kota.

"Akan kita undang (Anies Baswedan). Karena kan kita tinggalkan harus kita tahu jadi apa tempat yang kita tinggalkan," kata Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Tak hanya Gubernur DKI Jakarta yang akan dilibatkan, Pansus juga akan mengundang Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor sebagai pimpinan daerah dari calon ibu kota negara baru.

Baca juga: Pansus Mulai Rapat Pemindahan Ibu Kota

"Jadi Pemda DKI Jakarta dan Kalimantan Timur harus terlibat," tegasnya.

Tak hanya itu, Pansus Ibu Kota akan meminta masukan dari kalangan akademisi, pakar, dunia usaha dan masyarakat agar nantinya menghasilkan sebuah respons yang komperehensif dan objektif kepada pimpinan DPR.

Anies Baswdan

"Saya akan menjaga pansus ini seobjektif mungkin. Apapun hasilnya akan kita sampaikan ke pimpinan DPR yang kasih tugas ke kita," kata dia.

Baca juga: DPR Sahkan Pansus Pemindahan Ibu Kota Dalam Rapat Paripurna

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi dan tanah longsor.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini