nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Sebut Kualitas Udara Jambi Sudah Tak Layak untuk Kesehatan

Azhari Sultan, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 14:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 18 337 2106352 gubernur-sebut-kualitas-udara-jambi-sudah-tak-layak-untuk-kesehatan-YMp0hchBKI.jpg Udara di Jambi diselimuti kabur asap. (Foto : Ist)

JAMBI – Kondisi udara di Provinsi Jambi, khususnya di kawasan ibu kota, dinilai sudah tidak layak lagi. Udara tercemar kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal ini karena dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kita mengetahui, kondisi udara di Provinsi Jambi khususnya di Kota Jambi saat ini sudah mulai tidak layak lagi untuk kesehatan masyarakat,” kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar, di Pasar Angsoduo Baru, Kota Jambi, Rabu (18/9/2019).

Karena kondisi udara yang sudah tidak layak itu, pihaknya membagikan 5 ribu masker gratis kepada masyarakat. Bantuan masker itu dibagikan kepada masyarakat serta pedagang Pasar Angsoduo Baru.

"Saya membagi-bagikan masker sebagai salah satu bentuk perhatian akan dampak bagi kesehatan dari kabut asap ini," ujarnya.

Gubernur Jambi Fachrori Umar bagikan masker gratis kepada masyarakat di Pasar Angsoduo, Kota Jambi, Rabu (18/9/2019). (Ist)

Di samping itu, Gubernur melanjutkan, tim Satgas Karhutla terus berupaya memadamkan titik-titk api yang ada di Provinsi Jambi, terutama di Kabupaten Muarojambi, Batanghari, Tanjabbar, dan Tanjabtim.

Selanjutnya, dia menekankan kepada masyarakat dan pedagang di Jambi akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah kondisi udara Jambi saat ini yang sangat tidak kondusif. Hal ini karena kabut asap yang menyelimuti Jambi dapat berdampak terhadap kesehatan masyarakat, khususnya gangguan saluran pernapasan.

"Saya tidak ingin bencana kabut asap saat ini, seperti yang terjadi pada 2015," ucap Fachrori.


Baca Juga : 3 Pelaku Karhutla Ditangkap Polres Banyuasin

Tri, salah seorang warga, mengaku berterima kasih kepada Gubernur Jambi atas pembagian masker gratisnya. Ia pun berharap masalah kabut asap ini bisa segera diatasi.

"Saya hanya berharap, kabut asap akibat kebakaran lahan ini bisa teratasi segera," katanya.


Baca Juga : Padamkan Karhutla, Pemerintah Diminta Perbanyak Water Bombing & Hujan Buatan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini