nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pansus Mulai Rapat Pemindahan Ibu Kota

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 13:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 337 2106320 pansus-mulai-rapat-pemindahan-ibu-kota-o4ED7Du20T.jpg Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota Zainudin Amali (Foto: Harits Tryan)

JAKARTA - Panitia Khusus (Pansus) pemindahan Ibu Kota mulai menggelar rapat terkait pengkajian terkait pemindahan Ibu Kota. Setidaknya ada tiga hal pokok yang akan menjadi bahasan oleh pansus.

"Nah, bayangan saya ada tiga hal pokok menjadi bahasan pansus ini," kata Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota, Zainudin Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2019). 

Menurut Amali, hal pertama terkait dasar usulan pemindahan ibu kota. Aspek ini meliputi sumber pembiayaan dan infrastruktur yang akan dibangun.

Baca Juga: DPR Sahkan Pansus Pemindahan Ibu Kota Dalam Rapat Paripurna

Kedua, lanjut Amali, pansus akan mengkaji lokasi Ibu Kota baru secara lebih spesifik. Misalnya, terkait hasil kajian lingkungan hidup dan sosial di wilayah yang diputuskan menjadi Ibu Kota baru.

"Hal pokok ketiga (yang dibahas) adalah mengenai aparatur dan regulasi," tuturnya.

DPR

Politikus Partai Golkar ini berharap, dengan dimulainya Pansus Pemindahan Ibu Kota ini dapat menampung aspirasi setiap fraksi yang ada di DPR ihwal rencana pemerintah itu.

"Karena ini hasil akhirnya adalah sikap dari lembaga, dari DPR yang akan disampaikan sebagai respons DPR terhadap usulan pemerintah. Itu kira-kira," tuturnya. 

Sekadar informasi, berdasarkan hasil keputusan Pansus Pemindahan Ibu Kota dipimpin Zainudin Amali sebagai Ketua Pansus, kemudian Wakil Ketua Pansus berisikan Indah Kurnia dari Fraksi PDIP, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dari Fraksi Gerindra dan H. A. Bakri HM dari Fraksi PAN.

Baca Juga: DPR Bentuk Pansus Pemindahan Ibu Kota

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini