nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terdampak Kabut Asap, Penerbangan Yogyakarta-Samarinda Dialihkan ke Balikpapan

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 337 2106273 terdampak-kabut-asap-penerbangan-yogyakarta-samarinda-dialihkan-ke-balikpapan-0Ql00hDSec.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KULONPROGO - Kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan mengganggu aktivitas penerbangan dari dan ke Yogyakarta, khusunya untuk rute ke Palangkaraya dan Samarinda. Beberapa penerbangan terpaksa dibatalkan dan dialihkan ke Balikpapan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, gangguan kabut asap ini mulai dirasakan sejak Sabtu 14 Agustus 2019 . Setiap harinya ada enam penerbangan di Adisutjipto yang terganggu dan empat penerbangan di YIA.

"Jarak pandangnya terbatas dan ini sangat mengganggu penerbangan," jelas Pandu, di Bandara YIA, Rabu (18/9/2019).

Di Adisutjipto, tiga maskapai membatalkan penerbangan atau mengalihkan rute ke Palangkaraya dan Samarinda. Setidaknya ada tiga maskapai yang terganggu yakni Batik Air, Exspress Air dan Nam Air. Sedangkan di YIA Batik Air yang terdampak kabut asap.

Ilustrasi.

"Penerbangan ke Samarinda, terpaksa dialihkan ke Balikpapan," ujarnya.

Balikpapan dipilih karena tidak banyak terdampak kabut asap. Selain itu, akses Samarinda ke Balikpapan juga memadai.

Hari ini, kata Pandu, penerbangan ke Pontianak sudah bisa dilakukan. Dia berharap kondisi kembali normal agar maskapai dan penumpang tidak banyak dirugikan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini