nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo di Kedubes Australia, Mahasiswa Desak Mabes Polri Tangkap Veronica Koman

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 17 September 2019 17:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 17 337 2106001 demo-di-kedubes-australia-mahasiswa-desak-mabes-polri-tangkap-veronica-koman-QQrGeeloTI.jpg

JAKARTA - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Komite Mahasiswa Untuk Keadilan Indonesia (KMKI) mendatangi Mabes Polri dan Kedutan Besar Australia. Mereke menuntut agar segera melakukan penangkapan kepada Veronica Koman.

Koordinator aksi, Agung mengatakan insiden penyerangan asrama mahasiswa Papua di Surabaya hingga berujung kerusuhan meluas sampai Papua dan Papua Barat. Hal ini tidak terlepas adanya dalang dan provokator di balik semua itu.

"Pelaku rasis dan provokator terhadap kasus penyerangan mahasiswa Papua di Surabaya harus ditindak tegas oleh aparat penegak hukum karena telah mencoba melakukan hasutan yang bertujuan agar timbulnya konflik SARA sehingga bangsa menjadi terpecah belah," kata Agung dalam orasinya, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga: Polisi Temukan Dana Besar Masuk ke Rekening Veronica Koman

Jika pelaku rasis dan provokator tidak segera ditangkap maka dikhawatirkan akan terjadinya stigma yang negatif terhadap proses penegakan hukum di Indonesia.

"Kami akan terus mendorong dan mendukung Polri untuk segera menangkap dan mengadili pelaku rasis dan provokator Veronica Koman cs secepatnya. Veronica Koman diketahui orang yang memiliki andil besar dan otak di balik kerusuhan yang terjadi di asrama Papua yang berada di surabaya tersebut," ujarnya.

Agung mengatakan pihaknya sangat menyayangkan atas tindakan rasis dan provokatif yang dilakukan Veronica Koman, karena sejatinya kata Agung mahasiswa terus melakukan upaya untuk merawat kebhinekaan dan bukan malah sebaliknya di hancurkan oleh seorang provokator Veronica Koman.

Baca Juga: Papua Damai, DPR Dukung Polisi Ungkap Aliran Dana Veronica Koman

"Demi persatuan dan kesatuan bangsa, kami meminta Mabes Polri segera tangkap Veronica Koman," Ujarnya.

Agung juga mengatakan pihaknya mendukung Kapolda Jawa Timur untuk tegakan hukum pelaku Rasis dan provokator kasus penyerangan mahasiswa Papua di Surabaya.

"Kami juga meminta Pemerintah Australia jangan lindungi DPO kasus kerusuhan Surabaya Veronica Koman. Meminta Duta Besar Australia agar membuat pernyataan mendukung penegakan hukum oleh Polda Jatim terhadap Veronica Koman," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini