Lokasi Ledakan di Mako Brimob Jateng Dulunya Tempat Bermain Layangan

Taufik Budi, iNews.id · Selasa 17 September 2019 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 17 337 2105982 gudang-mako-brimob-jateng-yang-meledak-dulunya-tempat-bermain-layangan-XNd7SNghaP.jpg Foto: Istimewa

SEMARANG – Terjadi ledakan di gudang penyimpanan bahan peledak dan bom militer di Mako Satbrimob Srondol, Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu 14 September 2019. Peristiwa ini menyebabkan sejumlah rumah warga sekitar rusak.

Ternyata warga sekitar tak tahu lokasi permukimannya berdekatan dengan gudang penyimpan bahan peledak dan bom. Bahkan, lokasi tersebut dulunya kerap dijadikan tempat bermain layangan oleh anak-anak.

“Warga itu sebelumnya tidak ada yang tahu kalau di situ tempat penyimpanan (bahan peledak), karena tahunya di situ adalah tempat pembuangan sampah. Malah jadi tempat mainan anak-anak. Di situ tempat main layang-layang,” kata seorang warga RT 6/RW 2, Kelurahan Srondol Wetan, Ismiyati, Selasa (17/9/2019).

Dia mengaku tak menyangka terdapat banyak benda-benda berbahaya yang disimpan dekat tempat tinggalnya. Meski menimbulkan kerusakan bangunan rumah, namun warga mengaku beruntung karena kejadian itu tak sampai menelan korban jiwa.

Foto: Ist

“Itu sebelumnya tanah kosong, jadi warga sama sekali tidak tahu. Kita tahu ya sekarang ini, kejadian ledakan ini baru tahu kalau itu gudang bahan peledak. Kita tahunya itu adalah tempat parkir mobil Gegana,” ujarnya.

Warga lainnya, Purnomo mengatakan, tempat tinggalnya memang sangat dekat dengan pembatas Mako Brimob Srondol. Menurutnya, dampak ledakan akan terasa semakin besar jika tak terhalang oleh pagar dan mobil yang berada di lokasi kejadian.

“Untungnya ada mobil dan benteng pagar, tapi kalau enggak ya mungkin sini kehantam ledakan, bisa hancur semua. Sebelah sana (lokasi seberang) yang lebih parah, kalau di sini memang atap yang beterbangan dan rusak parah,” ucap Purnomo.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini