nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tekankan Pentingnya Tes IVA Deteksi Kanker Serviks, Iriana Jokowi Gelar Kuis

Melly Puspita, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 337 2105969 tekankan-pentingnya-tes-iva-deteksi-kanker-serviks-iriana-jokowi-gelar-kuis-JBwjraVPQ0.jpg Iriana Jokowi di Palembang (Foto: Okezone/Melly)

PALEMBANG - Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo memberikan penyulusan pentingnya pemeriksaan dini Inspeksi Viasual Asam Asetat (IVA) di Puskesmas Merdeka, saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Palembang, Selasa (17/9/2019).

Saat tiba di Palembang, Iriana beserta rombongan langsung disambut oleh Ketua Tim penggerak PKK Sumatera Selatan Febrita Lustia yang merukan istri dari Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Dalam lawatannya, Iriana Joko Widodo mengatakan penyuluhan tersebut menjadi pokok kerja dari Tim penggerak PKJ dan juga OASE Kabinet Kerja.

Baca Juga: Ibu Negara Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan hingga Bahaya Narkoba di Palembang

Di sela-sela penyuluhan itu, Ibu Negara memberikan pertanyaan kepada para wanita yang hadir di lokasi. Bahkan seperti halnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Iriana juga memberikan hadiah.

"Ada yang tahu apa pemeriksaan IVA itu? Nanti ada hadiahnya," tanya Iriana Joko Widodo. Ibu-ibu yang berada di lokasi juga begitu antusias menyambut dan menjawab pertanyaan dari Iriana.

Iriana Jokowi di Palembang (Foto: Okezone/Melly)

Seperti diketahui, tes IVA adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama kanker serviks. Jika dibandingkan dengan pap smear, tes IVA cenderung lebih murah karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium.

Selain melakukan kunjungan di Puskesmas, Iriana juga dijadwalkan ke beberapa tempat lainnya seperti di TK Sukarela Palembang, dan berdialog tentang bahaya penggunaan narkoba ke pelajar tingkat SMA/SMK se Sumatera Selatan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini