nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangun Budaya Tertib Berlalu Lintas, Korlantas Polri Datangi Mal

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 16 September 2019 21:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105665 bangun-budaya-tertib-berlalu-lintas-korlantas-polri-datangi-mal-vzYJiU7Nd2.jpg Pameran Korlantas Polri (Foto: Okezone/Istimewa)

JAKARTA - Sebagai bentuk salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke-64, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Pameran Road Safety Policing di beberapa mal Jakarta dan sekitarnya.

Pemilihan lokasi pusat perbelanjaan bertujuan menyasar langsung masyarakat dan memberikan pemahaman tertib berlalu lintas. Agar tumbuh kesadaran untuk selalu patuh pada peraturan lalu lintas.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana menuturkan Road safety policing merupakan model pemolisian pada fungsi lalu lintas untuk mencapai tujuan road safety.

"Tujuan road safety sejalan dengan amanat UU Lalu Lintas Angkutan Jalan, amanat PBB yang tertuang dalam Rencana Umum Keselamatan Nasional (RRUNK) untuk, pertama, mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar. Kedua, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Ketiga, membangun budaya tertib berlalu lintas. Keempat, peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang road safety," ujar Chryshnanda di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Korlantas

Baca Juga: Kakorlantas Bantah Penerbitan SIM Smart Sarat Kepentingan Bisnis

Lebih lanjut, Chryshnanda menjelaskan pameran Road safety Policing dilakukan untuk menginspirasi, menginformasikan sesuatu yang baik dan benar, mendorong masyarakat peduli akan keselamatan bagi dirinya dan orang lain dalam berlalu lintas. Kemudian, kata dia, mengcounter isu yang negatif atau hoaks, menunjukkan solusi dan menghibur.

"Untuk materi pameran diambil dari berbagai sumber yang divisualkan dalam bentuk film, poster, buku, leaflet, peragaan. Program-program pendukung lainnya dapat disertakan seperti dialog, wawancara, work shop, seminar, FGD. Kesemua itu merupakan situasi yang dinamis dapat dikembangkan dengan menggunakan kearifan lokal," tutur dia.

Beberapa item yang dipamerkan antara lain:

1. Prestasi

2. Visi atau pemikiran yang visioner

3. Sistem pelayanan publik yang mencakup pelayanan: keamamanan, keselamatan, hukum, informasi, administrasi dan kemanusiaan

4. Inovasi yang modern dan pelayanan prima kepolisian

5. Inisiatif antikorupsi

6. Reformasi birokrasi

7. Grand strategi

8. Supremasi hukum

9. Quick response time

10. IT for road safety (TMC, SSC, ERI, SDC, INTAN, TAR, DMPS, ETLE, Smart Management, Cyber Cops)

11. Kejadian menonjol dan solusinya

12. Pembangunan SDM sebagai polantas yang promoter

13. Kerja sama lintas sektoral

14. Program program kemitraan polantas

15. Hasil riset dan produk ilmiah

16. Data lalu lintas dalam infografis

17. Produk tertulis

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini