nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tolak RKUHP, Massa Demo di Depan Gedung DPR

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 16 September 2019 19:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105607 tolak-rkuhp-massa-demo-di-depan-gedung-dpr-BLmyo7CjFz.jpg Massa demo tolak RKUHP di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/9/2019). (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat untuk Keadilan Demokrasi berunjuk rasa menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di depan Gedung DPR RI, Senin (16/9/2019).

Salah satu anggota Aliansi Masyarakat untuk Keadilan Demokrasi, Nining Elitos, menilai RKUHP masih mengandung banyak masalah, baik secara substansi maupun proses pembahasannya.

"Pembahasan perubahan-perubahan rumusan dalam RKUHP cenderung tertutup, tanpa melibatkan masyarakat sipil dan pemangku kepentingan Iainnya. Hal ini bertentangan dengan prinsip keterbukaan dalam pembahasan UU sesuai dengan PasaI 5 UU 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan," kata Nining di lokasi.

Nining melanjutkan, saat ini pemerintah belum pernah memaparkan atau memublikasikan substansi apa saja yang diubah dalam draf akhir RKUHP. Seharusnya Panja DPR terlebih dahulu meminta pemerintah untuk mempresentasikan secara komprehensif dan menyeluruh apa saja yang diubah pada naskah akhir penyusunan RKUHP.

Gedung DPR RI

"Kami juga menemukan banyak persoalan dalam substansi RKUHP, bahkan hingga versi yang diklaim sebagai versi final pemerintah," ujar Nining.

Aksi massa ini turut dihadiri sejumlah elemen masyarakat, mulai dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), buruh, hingga mahasiswa.


Baca Juga : DPR Gelar Rapat Bahas RKUHP secara Tertutup di Hotel

Massa aksi terlihat membentangkan sejumlah poster yang berisi tulisan seruan aksi mereka menolak RKUHP.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini