nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Relawan Joman Lapor Majalah Tempo ke Dewan Pers karena Cover 'Jokowi Pinokio'

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 16 September 2019 18:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105573 relawan-joman-lapor-majalah-tempo-ke-dewan-pers-karena-cover-jokowi-pinokio-Ez7IAn8MU0.jpg Jokowi Mania laporkan Majalah Tempo ke Dewan Pers (Okezone.com/Fadel)

JAKARTA – Relawan Jokowi Mania (Joman) melaporkan Majalah Tempo ke Dewan Pers. Alasannya karena cover majalah itu edisi 16-22 September 2019 yang bergambar karikatur Presiden Jokowi dengan latar belakang siluet tokoh fiksi Pinokio, dinilai menghina Jokowi.

Ketua Umum Joman, Immanuel Ebenezer memprotes sampul Majalah Tempo yang menampilkan gambar Jokowi seperti Pinokio. "Gambar pinokio itu penghinaan terhadap simbol negara," kata Immanuel di Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih Raya, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2019).

Pinokio tokoh dalam cerita dongeng berupa boneka kayu yang jika berbohong hidungnya akan memanjang.

Menurut Imanuel, pemberitaan dengan memasang gambar Jokowi seperti Pinokio dapat menciptakan opini di masyarakat bahwa Jokowi seorang pembohong.

 Joman

Immanuel Ebenezer (Okezone.com/Fadel)

"Menggambarkan seorang Kepala Negara seperti Pinokio, memframing seakan-akan Jokowi pembohong. Ini kan bahaya untuk pendidikan rakyat," ujarnya.

Di sela melaporkan ke Dewan Pers, relawan Jokowi juga menggelar aksi di Dewan Pers memprotes Majalah Tempo. Mereka membawa poster cover Majalah Tempo yang bergambar Jokowi siluet Pinokio dan poster bertulis "Kami Dukung Kebebasan Pers, tapi Kode Etik Jurnalistik Harus di Kedepankan."

Dalam tuntutannya, Joman meminta agar redaksi Majalah Tempo segera memberikan klarifikasi serta menyampaikan permohonan maaf atas pemuatan gambar Jokowi siluet Pinokio.

"Tuntutan kami cuma minta Tempo untuk menarik edisi majalah ini. Minta maaf itu juga penting," katanya.

Sementara anggota Dewan Pers, Hassanein Rais menyebut pihaknya akan mempelajari laporan dari Joman terhadap Majalah Tempo.

"Jadi kami telah menerima aduan dari tim Joman terkait cover Majalah Tempo yang backgroundnya siluet adalah Pinokio nanti kami bahas internal dulu," kata dia.

Ia mengaku akan melakukan pemanggilan kepada kedua belah pihak untuk melakukan mediasi dari persoalan tersebut.

"InshAllah minggu depan kami akan lakukan mediasi. Hasil bagaimana? Situasi tergantung dari Temponnya gimana," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini