nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Evolusi Moda Transportasi Ibu Kota, dari Delman hingga MRT

Demon Fajri, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105519 evolusi-moda-transportasi-ibu-kota-dari-delman-hingga-mrt-9VsDPWdwT6.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

SETELAH zaman industrialisasi kemajuan transportasi terus mengalami perkembangan dan berjalan sangat pesat. Berbagai inovasi transportasi dari zaman ke zaman terus mengalami perubahan lebih baik.

Mulai dari penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, diiringi penemuan mesin dengan pembakaran dalam. Perkembangan moda angkutan juga disusul dengan mesin turbin gas yang dijadikan turbo jet untuk pesawat terbang.

Sementara di bagian transportasi laut, penemuan pengembangan bahan bakar nuli untuk kapal selam. Lantas bagaimana kemajuan moda angkutan transportasi di Indonesia, khususnya Ibu Kota Jakarta dari zaman ke zaman?

Setiap negara memiliki moda transportasi. Berangkat peningakatan moda transportasi pun kian ditingkatkan baik moda angkutan umum maupun moda khusus pribadi.

Berdasarkan data dan sumber yang diperoleh Okezone, Perkembangan dan kemajuan moda transportasi di Indonesia, berawal dari delman hingga pada akhirnya moda angkutan mengalami kemajuan dengan munculnya mass rapid transit (MRT).

Pada masa kolonial, delman merupakan moda transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia. Di mana alat angkutan pada jamannya belum menggunakan mesin. Namun, masih menggunakan tenaga kuda.

Delman

Beranjak dari delman. Belanda mulai memperkenalkan trem. Moda transportasi umum satu ini lebih baik dan maju dari delman. Transportasi ini mirip kereta listrik dan melintas di jalan umum.

Memasuki tahun 1930 hingga 1989, moda kendaraan roda tiga mulai masuk ke Indonesia, becak. Pada kala itu kendaraan satu ini dahulunya hanya dua roda dan satu pengemudi.

Moda transportasi terus mengalami kemajuan dan perkembangan. Sekira tahun 1970-an, di Jakarta mencanangkan helicak yang menggunakan tenaga mesin.

Transportasi tersebut sebagai pengganti becak. Di mana pencanangan tersebut diinisiasi Gubernur Jakarta, Ali Sadikin. Kemajuan moda transportasi terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 1962, kendaraan roda tiga bemo juga masuk ke Jakarta. Namun, sekira 1971, popularitas Bemo redup. Hal tersebut disebabkan kendaraan ini dianggap tidak ramah lingkungan.

Selanjutnya, di tahun yang sama 1962, Metromini diperkenalkan di Jakarta. Mulanya Metromini hanya bis untuk kebutuhan transportasi peserta pesta PON. Namun, hingga saat ini Metromini tetap beroperasional dan menjadi transportasi alternatif di Jakarta.

Ilustrasi

Lalu, kisaran tahun 1960 hingga 1970, oplet mulai beroperasi. Berselang dua tahun kemudian, sekira tahun 1972, kira-kira. Mobil mulai masuk ke Jakarta. Taksi, namanya. Taksi ini menggunakan sistem argometer.

Menyusul masuknya taksi, sekira 1970-an, kendaraan roda tiga masuk ke Jakarta. Bajaj, namanya. Berselang dengan berjalannya waktu Kendaraan roda tiga dengan suara berisik ini di ganti bahan bakar gas yang ramah lingkungan.

Pada tahun yang sama, 1970. Moda angkutan umum pun mulai diperkenalkan di Jakarta. Angkutan kota berupa mikrolet ini ditujukan sebagai pengganti Bemo yang lebih banyak menampung penumpang.

Memasuki tahun 1985 hingga 1990, bus tingkat mulai beroperasional di Jakarta. Bus ini mampu menampung 200 penumpang. Meskipun sempat redup. Namun, bus tingkat diperkenalkan di tahun 2014 sebagai sarana bus wisata.

Di tahun 2004, Jakarta telah diperkenalkan bus Transjakarta. Bus ini tetap beroperasi hingga saat ini. Di mana bus ini merupakan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman dan terjangkau.

Berselang 10 tahun kemudian atau 2014 hingga 2015, Indonesia dihebohkan transportasi berbasis sistem aplikasi online. Moda Transportasi satu ini menawarkan jasa ojek dan taksi online.

Ilustrasi

Lalu, pada 2019 di Jakarta telah hadir mass rapid transit (MRT) yang merupakan transportasi umum dan menjadi pilihan warga Jakarta. Transportasi satu ini selangkah lebih maju dari berbagai moda angkutan lainnya.

Sebagaimana di ketahui, proses pembangunan MRT telah di mulai sejak tahun 2013. Transportasi baru yang dinikmati warga ibu kota saat ini hadir untuk masyarakat Jakarta serta salah satu langkah mengurangi kemacetan di Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini