nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Transportasi dari Masa ke Masa, Bermula dari Penemuan Roda

Demon Fajri, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 07:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105515 mengenal-transportasi-dari-masa-ke-masa-bermula-dari-penemuan-roda-Rw24S7EUkP.jpg Foto: Ist

TRANSPORTASI merupakan salah satu penunjang dalam kehidupan sehari-hari. Baik di pedesaan maupun di perkotaan. Di mana transportasi dapat mempermudah untuk menuju ke suatu tempat yang dituju.

Dalam perkembangannya, transportasi dari masa ke masa terus bergerak perlahan. Bahkan terus berevolusi secara sedikit demi sedikit.

Dulunya, moda transportasi dibantu dengan pemanfaatan hewan untuk perjalanan di darat dan penggunaan rakit untuk perjalanan yang melintasi sungai.

Sepeda Pertama (Foto: Ist)

Dari data dan berbagai sumber yang diperoleh Okezone, perkembangan moda transportasi dari zaman ke zaman terus mengalami kemajuan. Hal ini ditandai dengan penemuan roda pada kisaran 3500 tahun sebelum masehi (SM).

Moda Transportasi diawali dengan penemuan roda pada kisaran 3500 SM. Konon, penemuan itu sebagai cikal bakal transportasi modern. Pada tahun yang sama juga kapal pertama kali dikembangkan.

Sebelumnya, sekira 2000 SM kuda sudah dimanfaatkan untuk moda Transportasi. Selanjutnya, kisaran 770 sepatu kuda ditemukan dan digunakan untuk pertama kalinya.

Perkembangan moda transportasi terus mengalami perubahan. Di mana sekira tahun 1492, Leonardo Da Vinci membuat lebih dari 100 gambar rancangan pesawat terbang.

Cornelis Drebbel juga membuat kapal selam pertama, pada kisaran 1620. Berselang dua tahun kemudian atau tahun 1662 Blaise Pascal, menciptakan bus angkutan umum pertama. Di mana bisa tersebut memanfaatkan Kuda.

Moda transportasi terus mengalami kemajuan, sekira tahun 1769, adanya kendaraan roda empat atau mobil pertama. Di mana mobil tersebut digerakkan dengan mesin uap.

Disisi kelautan, moda transportasi ikut mengalami perkembangan kisaran tahun 1783. Hal tersebut ditandai kapal uap praktis pertama dengan menggunakan roda kayuh. Moda Transportasi ini dikembangkan Marquis Claude Francois de Jouffroy d'Abbans. Kemudian, perkembangan dilanjutkan penemuan sepeda pada 1790.

Memasuki tahun 1801, lokomotif uap pertama ditemukan Richard Trevithick dan disempurnakan George Stephensen.

Berselang 57 tahun atau sekira 1858, adanya mobil pertama yang digerakkan mesin pembakaran dalam. Di mana mobil ini dikembangkan Jean Lenoir.

Tidak hanya mobil, sepeda motor pertama ikut dikembangkan dengan digerakkan bahan bakar pada tahun 1867. Sementara, kereta api listrik pertama mulai dirancang dan dikembangkan pada 1879 oleh Werner von Siemens.

Dari tahun ke tahun kemajuan moda transportasi terus ditemukan dan dikembangkan. Buktinya, pada kisaran 1885, Bens mulai membuat kendaraan produksi pertama.

Hal tersebut juga iringi adanya pesawat balon udara pertama yang diterbangkan oleh Ferdinan von Zeppelin, pada 1899. Disusul dengan Orville and Wilbur Wright bersaudara membuat penerbangan pertama, pada tanggal 17 Desember 1903.

Mobil Pertama (Foto: Ist)

Memasuki tahun 1900-an atau sekira tahun 1908, sistem produksi ban berjalan untuk pembuatan mobil secara massal mulai diterapkan Henry Ford. Lalu, pada 1926, roket berbahan bakar cair pertama diluncurkan.

Tidak hanya moda transportasi, pada tahun 1932, pemerintah Jerman membangun Autobahn atau jalan bebas hambatan pertama untuk menunjang perkembangan moda transportasi.

Seiring dengan perjalanan waktu, burung terbang atau pesawat terbang jet pertama pun diterbangkan pada 1939. Di mana pesawat tersebut atas dasar desain turbin yang dibuat Hans von Ohain, tahun 1936.

Selain pesawat, pada tahun 1942, helicopter mulai di desain dan di produksi Igor Sikorsky. Berselang 5 tahun kemudian, pesawat supersonik pertama diterbangkan, pada 1947. Bahkan, memasuki tahun 1953, kapal yang digerakkan nuklir pertama diluncurkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini