nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

299 Anggota Dewan Hadiri Rapat Paripurna Pengesahan Pimpinan KPK

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 16 September 2019 15:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105434 299-anggota-dewan-hadiri-rapat-paripurna-pengesahan-pimpinan-kpk-FeoVCzmj2w.jpg Sidang paripurna pengesahan pimpinan KPK (Foto: Okezone.com/Harits)

JAKARTA - Jajaran DPR RI menggelar Rapat Paripurna ke-8 masa persidangan I tahun 2019-2020 Ruang Rapat Nusantara II Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 16 September 2019.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan didampingi Ketua DPR Bambang Soesatyo dimulai pada pukul 14.30 WIB.

Menurut Fahri, berdasarkan catatan Sekertariat Jendral DPR RI rapat paripurna hari ini dihadiri 299 anggota dari jumlah keseluruh 560 anggota. Adapun 299 orang anggota dewan itu dengan rincian 187 orang yang menandatangani dan 112 orang mengajukan izin.

"Karena itu 299 yang dicatat Setjen dari 560 anggota dengan kehadiran seluruh fraksi,paripurna dibuka," kata Fahri di ruang rapat, Kamis (16/9/2019).

RDP antara Pansel Capim KPK dengan Komisi III DPR

Namun, masih banyak kursi kosong yang tidak ditempati oleh anggota dewan dan tidak sesuai dengan absen yang ada.

Salah satu agenda rapat paripurna kali ini adalah membahas laporan dari Komisi III DPR terhadap hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon pimpinan KPK dan kemudian disahkan.

Dalam rapat paripurna ini turut dihadiri oleh pimpinan KPK periode 2019-2023 yakni Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar.

Selain itu terdapat beberapa agenda rapat paripurna lainnya, seperti agenda rapat paripurna yakni pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Perkawinan. Dalam rapat paripurna turut menetapkan nama-nama anggota Pansus Pemindahan Ibu Kota.

Baca Juga : DPR : Tidak Boleh Terjadi Kekosongan Kepemimpinan di KPK

Di paripurna akan ditetapkan nama-nama anggota Pansus dan RUU tentang Keamanan dan Ketahanan Siber. Hingga agenda penyampaian laporan hasil kerja BAKN DPR RI tahun 2018-2019.

Kemudian paripurna dilanjutkan dengan laporan Tim Pengawas DPR RI terhadap Perlindungan Pekerja Migran Indonesia; laporan Tim Pengawas DPR RI terhadap Pelaksanaan Penanganan Bencana; laporan Tim Penguatan Diplomasi Perlemen DPR RI dan laporan Tim Pemantau DPR RI terhadap Pelaksanaan UU terkait Otsus Aceh, Papua dan Keistimewaan DIY.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini