nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eks Pimpinan KPK Merespon Sikap Agus Rahardjo Cs

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 16 September 2019 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105399 eks-pimpinan-kpk-merespon-sikap-agus-rahardjo-cs-JP4oxP1iZX.jpg Ketua KPK, Agus Rahardjo Cs (foto: iNews.id)

JAKARTA - Beberapa eks pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memastikan bahwa pimpinan jilid IV yang dikomandoi Agus Rahardjo Cs tidak mundur dari lembaga antirasuah.

Hal itu setelah adanya pertemuan antara mantan pimpinan bertemu dengan Pimpinan KPK saat ini. Antara lain, Taufiequrachman Ruki (Ketua KPK Jilid I), Erry Riyana Hardjapamekas, Tumpak Hatorangan Panggabean (Komisioner Jilid I), dan Chandra M. Hamzah (Komisioner KPK Jilid II).

 Baca juga: Agus Rahardjo Pastikan Pimpinan KPK Tetap Bekerja

Selain itu, nampak juga Junino Jahja (mantan Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK), Eko Soesamto Tjiptadi (mantan Deputi Pencegahan), Roni Ihram Maulana (mantan Direktur Monitoring), dan Ina Susanti (mantan Direktur Informasi dan Data).

"Saya sampaikan hasil pembicaraan dengan pimpinan KPK sekurang-kurangnya ada dua hal yang dikonfirmasi, pertama, bahwa pimpinan KPK tidak ada satupun yang mengundurkan diri," kata Erry Riyana di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

 Baca juga: DPR : Tidak Boleh Terjadi Kekosongan Kepemimpinan di KPK

Ketua KPK Agus Rahardjo sebelumnya bersama dua Wakil Ketua KPK, bersama dua Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dan Laode M Syarif menyerahkan pengelolaan atau tanggung jawab kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pimpinan KPK menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Jokowi. Keputusan ini menimbulkan tafsir para Pimpinan KPK periode 2015-2019 telah mengundurkan diri.

Erry Riyana memastikan tidak ada satupun Pimpinan KPK Jilid IV yang mengundurkan diri. Ketidakhadiran Saut Situmorang dalam pertemuan hari ini bukan lantaran pengunduran diri seperti disebutkan dalam suratnya kepada internal KPK yang beredar beberapa waktu lalu. Erry menyatakan, Saut saat ini sedang cuti.

"(Dalam pertemuan) yang tadi satu-satunya tidak hadir pak Saut Situmorang. Meminta cuti dan disepakati diberikan cuti dua minggu," tutur dia.

Konfirmasi Agus Rahardjo Cs ini melegakan para mantan pimpinan KPK. Apalagi di tengah kondisi KPK seperti saat ini.

"Kami mendengar dari pimpinan yang eksis sekarang kenapa harus mengundurkan diri? Tadi dijawab tidak mengundurkan diri. Saya senang tidak memgundurkan diri," tutup dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini