nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi ke Pimpinan KPK: Bijaklah dalam Bernegara!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 16 September 2019 12:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105334 jokowi-ke-pimpinan-kpk-bijaklah-dalam-bernegara-RRWXZstkFf.jpg Jokowi.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa tidak pernah meragukan kinerja dari para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia pun mengomentari langkah pimpinan lembaga antirasuah yang menyerahkan mandat pimpinan KPK kepada Presiden, serta Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang telah mengundurkan diri dari jabatannya.

"Saya katakan berkali-kali bahwa kinerja KPK itu baik dan di dalam Undang-Undang KPK tidak mengenal yang namanya mengembalikan mandat, enggak ada yang ada itu mengundurkan diri," ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Kepala Negara menerangkan, pimpinan KPK hanya bisa mengundurkan diri jika terkena kasus korupsi dan meninggal dunia. "Yang ada meninggal dunia ada, terkena tindak pidana korupsi iya, tapi yang namanya mengembalikan mandat itu enggak ada," ujarnya.

Gedung KPK.

Jokowi mengatakan, saat ini pemerintah sedang bertarung memperjuangkan substansi-substansi yang ada dalam revisi UU KPK yang diinisiasi oleh DPR.

"Ini seperti yang sudah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Agus Rahardjo Cs untuk bijak dalam memimpin institusi negara. "Jadi saya sampaikan KPK itu lembaga negara, institusi negara. Jadi bijaklah kita dalam bernegara," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini