nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polemik Revisi UU KPK, PDIP: Jokowi Sudah Bertindak Tepat

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 16 September 2019 09:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 16 337 2105257 polemik-revisi-uu-kpk-pdip-jokowi-sudah-bertindak-tepat-4G9XZQO33T.JPG Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menanggapi posisi partainya di tengah ramainya pro kontra menyangkut revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Khususnya setelah persetujuan Presiden Joko Widodo atas revisi Undang-undang KPK, terpilihnya komisioner baru, dan dilanjutkan manuver politik para komisioner KPK saat ini.

Menurut Hasto, pihaknya tetap merasa bahwa pemberantasan dan pencegahan korupsi adalah pekerjaan yang tidak akan pernah berhenti. Sebab, korupsi adalah kejahatan luar biasa.

Meski begitu, ia mengimbau semua pihak agar melihat persoalan tersebut secara jernih. Terutama yang menyangkut kelompok antirevisi Undang-undang KPK dengan pihak yang menyetujuinya.

"Sebaiknya kita melihat secara jernih terhadap pro dan kontra," ujar Hasto kepada wartawan, Senin (16/9/2019).

Lebih lanjut, Hasto menyebutkan bahwa PDIP hingga saat ini mendukung penuh keputusan Presiden Jokowi terkait revisi Undang-undang KPK tersebut. Baginya, setiap tindakan Kepala Negara itu selalu didasari oleh pemikiran yang matang.

Presiden Jokowi

"PDIP berpendapat bahwa Pak Jokowi telah bertindak tepat. Pak Jokowi melakukan dialog dengan KPK itu secara intens, tetapi pada saat bersamaan beliau juga mengharapkan adanya kepastian hukum agar kekuasaan yang tanpa batas ini kemudian bersedia mekanisme check and balance," kata dia.

"Sehingga ke depan pemeriksaan korupsi dapat dilakukan dengan lebih progresif, tetapi juga disertai dengan komitmen yang tinggi dari seluruh aparat penegak hukum untuk tidak melanggar hukum," tutup Hasto.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini