nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jawaban Panglima soal Pencopotan Petinggi TNI yang Gagal Tangani Karhutla

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 20:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 15 337 2105171 jawaban-panglima-soal-pencopotan-petinggi-tni-yang-gagal-tangani-karhutla-GBPkkB8oTf.jpg (Foto: Puspen TNI)

PEKANBARU - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan Panglima TNI dan Kapolri untuk mencopot pejabat tinggi di wilayahnya seperti Kapolda, Komandan Korem dan Pangdam jika tidak becus melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terkait hal itu, Panglima TNI menegaskan semua yang diperintah oleh presiden akan dilaksanakan. Menurutnya hal itu sudah menjadi komitmen dan juga risiko petinggi Polri dan TNI di wilayah yang terbakar seperti yang terjadi di Riau.

"Itu sudah perintah dan segera dilaksanakan," kata Panglima TNI di Pekanbaru Minggu (15/9/2019).

Ilustrasi Kebakaran Hutan

Untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Riau, Panglima TNI menegaskan akan menambah pasukan sebanyak 350 personil.

Selain itu pemerintah juga menambah satu pesawat modifikasi cuaca yang lebih besar. Totalnya ada 3 pesawat yang dikerahkan untuk melakukan operasi hujan buatan.

Baca Juga : Kebakaran Hutan Diperkirakan Terjadi sampai Akhir Oktober 2019

Sementara, berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (Ispu) hampir semua wilayah di Riau masuk dalam katagori berbahaya atau berada di level terburuk untuk kesehatan.

Berdasarkan rencana, besok Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Riau untuk penanganan kabut asap.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini