nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Revisi UU, Mahfud MD : Semua Ingin KPK Kuat

Kuntadi, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 20:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 15 337 2105166 terkait-revisi-uu-mahfud-md-semua-ingin-kpk-kuat-ZUIKFPZiII.jpg Mahfud MD (Foto: Koran Sindo/Kuntadi)

YOGYAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD melihat apa yang disuarakan oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi, DPR dan juga akademisi memiliki muara yang sama, yakni untuk menguatkan peran KPK dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi.

“Semuanya ingin KPK itu kuat. Presiden ingin menguatkan KPK, yang meolak (revisi) juga (ingin KPK kuat),” kata Mahfud MD dalam bincang dengan media di Yogyakarta, Minggu (15/9/2019).

Permasalahan pro dan yang menolak revisi UU KPK inilah yang menurut Mahfud harus didiskusikan. Konsep dari presiden dan masyarakat sipil ini harus dipertemukan.

Ilustrasi

Hal tersebut menjadi cermin sebuah negara demokrasi. Nantinya, pembahasan akan dilakukan secara terbuka sesuai dengan Pasal 5 dan pasal 96 UU 12 th 2011 tentang tata urutan perundangan, di mana setiap RUU harus dibahas dengan asas keterbukaan.

“Pendapat masyarakat harus didengat melalui public hearing, kunjungan studi ke universitas. Bukan rapat tertentu kemudian jadi. Dengarkan semua ini negara demokrasi,” ujarnya.

Baca Juga : Mahfud MD : Saatnya Jokowi Undang Pimpinan KPK Diskusi

Baca Juga : Komisioner KPK Terpilih Dukung Revisi UU KPK

Semua pihak, sambungnya, harus bisa menghargai DPR yang menjalankan fungsi demokrasi, apa yang menjadi keputusan harus dilaksanakan. Otoritas negara yang harus mengambil kesimpulan jika ada yang berbeda. Namun smeuanya harus tunduk pada aturan.

Meski begitu, Mahfud berharap agar pembahasan revisi UU KPK ditunda. Selain belum masuk prolegnas, masa DPR saat ini tinggal hitungan hari. Dalam waktu kurang lebih 18 hari, mereka akan digantikan DPR baru hasil Pemilu 2019. Sehingga mekanisme dan prosedurnya harus dilewati semuanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini