nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Pimpinan KPK Kembalikan Mandat, Mahfud MD : Saatnya Jokowi Undang Mereka Diskusi

Kuntadi, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 15:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 15 337 2105100 3-pimpinan-kpk-kembalikan-mandat-mahfud-md-saatnya-jokowi-undang-mereka-diskusi-I4oVm4663d.jpg Anggota Dewan Pengarah BPIP, Mahfud MD

YOGYAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga anggota Dewan Pengarah Badan Penerapan Ideologi Pancasila atau BPIP, Mahfud MD, menyarankan Presiden Joko Widodo alias Jokowi memanggil para pimpinan KPK yang mengembalikan mandat kepadanya.

Menurut Mahfud, tidak ada salahnya Jokowi membuka diskusi dan berbicara kepada para pimpinan lembaga antirasuah demisioner tersebut.

“Presiden sangat bijaksana kalau mengundang mereka diskusi,” kata Mahfud MD, saat berbincang dengan media di Café De Tambir, Minggu (15/9/2019) siang.

Presiden Jokowi menerima Pansel Capim KPK di Istana Merdeka (Foto : Okezone/Fakhri)

Diketahui sebanyak tiga pimpinan KPK yang mengembalikan mandat, yakni Agus Rahardjo, Saut Situmorang dan Laode M Syarif. Mereka menyerahkan kepada presiden, setelah permasalahan KPK, mulai dari revisi UU KPK hingga pemilihancapim meruncing.

Baca Juga : Pimpinan KPK Terpilih: Dewan Pengawas Sebaiknya Tidak Berurusan Teknis

Menurut Mahfud, tiga pimpinan KPK ini bisa dipanggil presiden untuk diajak bertukar pendapat, konsultasi dan diskisi.

"Apa salahnya seorang presiden memanggil mereka, yangs selama ini terkesan tidak pernah diajak bisa mengenai nasib KPK. Justru pemanggilang ini menjadi moment yang tepat untuk mengajak mereka bicara dan berdikusi. Sekarang waktunya diajak bicara, dan menjawab respons presiden,” tutur Mahfud.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini