Atasi Karhutla Riau, TNI Tambah Pesawat untuk Lakukan Hujan Buatan

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Minggu 15 September 2019 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 15 337 2105076 atasi-kathutla-riau-tni-tambah-pesawat-untuk-lakukan-hujan-buatan-PaMEwAuHp8.jpg Kabut asap di Pekanbaru (Foto: Okezone/Banda)

PEKANBARU - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Riau selama dua hari ke Riau. Kedatangan Hadi untuk melakukan hujan buatan sebagai upaya stragis dalam mengatasi upaya penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla yang sudah berbulan-bulan belum tertangani.

Untuk melakukan penanggulangan lebih cepat, Panglima TNI menegaskan akan mengerahkan satu pesawat untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC. Pesawat yang didatangkan adalah jenis CN295 yang dinilai lebih mumpuni.

"Pesawat yang kita datangkan ini mampu mengangkut garam atau NHCL 2,5 ton. Pesawat CN295 sehari bisa beroperasi selama 2 kali," kata Panglima TNI, Minggu (15/9/2019).

Panglima TNI Hadi Tjahjanto di Pekanbaru (Foto: Okezone/Banda)

Pesawat CN295 saat ini sudah berada di Kompleks Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Pesawat tersebut bakal melakukan hujan buatan ini akan bergabung dengan dua pesawat lainnya yakni jenis Cassa. Dua pesawat ini melakukan operasi TMC, namun belum begitu membuahkan hasil.

"Kalau pesawat yang datang sudah bergabung melakukan operasi TMC, berarti satu hari bisa menembar 7 ton garam di awan. Karena pesawat Cassa itu daya angkut garamnya 1 ton." imbuhnya.

Baca Juga : 9 Orang jadi Korban Kecelakaan Tunggal di Jagorawi

Selain itu Panglima TNI menegaskan bahwa akan penambahan pasukan untuk membantu bersama personil yang ada. "Akan datang lagi 350 personel tim gabungan TNI, Polri dan instasi lain untuk membantu Karhutla," tegas Panglima TNI.

Sekedar dikerahui, demi bisa mengatasi Karhutla yang terus terjadi ,Panglima TNI melakukan kunjungan kerja selama dua hari yakni dari tanggal 13-14 September 2019 di Pekanbaru.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini