nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Terorisme Gelar Peringatan 15 Tahun Bom Kuningan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 15 September 2019 13:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 15 337 2105062 korban-terorisme-gelar-peringatan-15-tahun-bom-kuningan-vbUGMDFrf9.jpg Keluarga korban bom kuningan (foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Yayasan Penyintas Indonesia (YPI) bekerjasama dengan Forum Kuningan (FKI) menggelar peringatan Bom Kuningan yang ke-15 tahun di Hotel Sofyan Betawi, Jalan Cut Mutia, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Ketua YPI Sucipto Hari Wibowo mengatakan, sekitar 70 korban aksi terorisme yang terjadi di Indonesia telah bertransformasi menjadi duta perdamaian. Para korban ini juga aktif dalam mengkampanyekan pentingnya merawat perdamaian Indonesia.

"Kami terus berupaya agar jumlah duta perdamaian terus bertambah. Walaupun kami sadar bahwa upaya ini tak semudah membalikkan telapak tangan karena korban bom itu butuh waktu untuk berdamai dengan dirinya sendiri," ujar Sucipto.

 Baca juga: Polri: Tersangka Bom Mega Kuningan 22 Orang

Sucipto menerangkan terdapat tiga hal yang ditekankan pihaknya sebelum mengajak para korban terorisme menjadi penyintas. Pertama mengiklaskan rasa sakit dan penderitaan lahir maupun batin pascakejadian.

Kedua, mengiklaskan masa perjuangannya dalam pemulihan luka fisik maupun psikis demi mempertahankan hidup.

"Ketiga mengambil hikmah dari apa yang terjadi sehingga bisa berbuat hal yang positif," jelasnya.

 Baca juga: Tak Terlibat, Ali Abdullah Divonis 1,5 Tahun Bui

Menurut dia, target acara peringatan Bom Kuningan yang terjadi 2004 itu ingin membangun dan mengukur sejauh mana para korban bisa menjalani hidup lebih baik lagi.

"Selain itu kami mendorong negara agar memenuhi hak-hak korban yang telah diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme yang mengatur kompensasi para korban terorisme," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini