Besarkan Partai Gelora, Tantangan Fahri Hamzah Lebih Berat

Achmad Fardiansyah , Okezone · Minggu 15 September 2019 07:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 15 337 2104983 besarkan-partai-gelora-tantangan-fahri-hamzah-lebih-berat-0eBUZWUObR.jpg Fahri Hamzah (foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Fahri Hamzah harus banyak berlajar pengalaman dari partai-partai baru yang tumbang pada Pemilu 2019, jika ingin membesarkan Partai Gelombang Rakyat (Gelora). Menurutnya, tantangan Fahri Hamzah kini lebih berat dalam membentuk parpol baru.

“Pertama, jadi tentu tidak mudah bagi partai baru bisa lolos ke Senayan (DPR), Butuh banyak hal yang harus dipersiapkan,” kata Pangi kepada Okezone, Minggu (15/9/2019).

Baca Juga: Fahri Hamzah Harus Gaet Tokoh Kuat untuk Besarkan Partai Gelora 

Pangi membeberkan, dalam berkompetisi Partai Gelora diharapkan memiliki cari khusus yang berbeda dengan parpol lain. Sehingga, bisa mendapat perhatian dari masyarakat. Namun hal ini juga tidak cukup, Fahri juga harus bisa menjawab harapan masyrakat.

“Coba apa kurangnya partai-partai baru seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang terkenal pro kontranya yang bermain diisu-isu yang kadang menjual kadang tidak. Atau apa kurangnya Partai Bekarya dari uangnya,” tutur Pangi.

Fahri Hamzah (foto: Okezone) 

Pangi menegaskan, yang membuat partai-partai baru berguguran lantaran tidak memenuhi syarat ambang batas (parliamentary threshold) yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Apalagi sekarang parliamentary threshold-nya 5 persen itu tantangannya lebih berat,” bebernya.

Oleh karena itu, selain diperlukan ketokohan. Partai baru juga harus memiliki syarat-syarat lain seperti elektabilitas, popularitas dan pendanaan yang sangat besar, dan memiliki 27 kursi di DPR RI.

“Jadi Ketokohan Fahri itu salah satu modal karena butuh tokoh dalam partai. Sebagai magnet elektoral. Kalau kemudian nanti Fahri Hamzah dan Anis Matta bisa menjamin mendudukan 27 kader di DPR. Maka partainya akan lolos,” tuturnya.

Baca Juga: Melihat Peluang Partai Gelora yang Bakal Didirikan Fahri Hamzah 

Namun jika Partai Gelora hanya formalitas dan untuk memecahkan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tanpa harus bermimpi untuk lolos, mungkin hal itu mudah terjadi.

“Tapi kalau hanya sekadar gaya-gayaan terdaftar itu gampang. Tapi untuk lolos diparlemen itu berat,” tutupnya.

(fid)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini