nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenazah Mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija Akan Dimakamkan di Bogor

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 21:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 14 337 2104873 jenazah-mantan-wali-kota-cimahi-itoc-tochija-akan-dimakamkan-di-bogor-YFV5Kw6oGp.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

BANDUNG - Jenazah mantan Wali Kota Cimahi, Jawa Barat Itoc Tochija, yang juga menjadi terpidana kasus korupsi suap rencananya akan dimakamkan di Bogor.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priyatna berujar bahwa keluarga almarhum berencana mengebumikan Itoc di Kota Hujan karena memang asalnya dari sana.

"Insya Allah (dimakamkan) di Bogor karena beliau berasal dari Bogor. Subuh berangkat dari sini katanya," ujar Ajay, Sabtu (14/9/2019).

Dirinya mewakili masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menyatakan duka mendalam atas kehilangan sosok Itoc yang telah banyak berkontribusi bagi Kota Cimahi. Ia berharap keluarga Itoc bisa diberikan kesabaran serta ketabahan.

"Saya atas nama pribadi, atas nama Pemkot dan atas nama masyarakat Cimahi, turut berduka cita sedalam-dalamnya," tuturnya.

Itoc Tochija menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 12.50 WIB saat menjalani perawatan di RSHS Bandung akibat penyakit jantung yang dideritanya. Itoc mendekam di Lapas Sukamiskin lantaran terseret kasus suap yang ditangani KPK. Ia divonis tujuh tahun penjara.

Belum usai menjalani pidana penjara, Kejari Cimahi kembali menjerat Itoc dalam perkara dugaan korupsi penyalahgunaan APBD Kota Cimahi 2006-2007 terkait penyertaan modal.

Kasus tersebut masih bergulir di Pengadilan Tipikor Bandung. Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri (PN) Bandung memvonis empat tahun penjara kepada mantan Wali Kota Cimahi, Atty Suharti dan tujuh tahun penjara kepada suaminya Itoc Tohija dalam kasus korupsi pembangunan Pasar Atas Cimahi.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini