nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi, Massa Pendukung Revisi UU Demo di Gedung KPK

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 16:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 14 337 2104849 lagi-massa-pendukung-revisi-uu-demo-di-gedung-kpk-2rLWDUOW39.jpg Demonstrasi di depan Gedung KPK, Jakarta terkait revisi UU KPK (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Massa yang tergabung ke dalam Aliansi Rakyat Lawan Korupsi, Himpunan Aktivis Milenial Indonesia, dan Solidaritas Mahasiswa Nasionalis menggeruduk Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Mereka melakukan unjuk rasa untuk mendukung revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau UU KPK. Massa berorasi di halaman Gedung KPK. Sesekali peserta yang hadir juga mengibas-ngibaskan bendera merah putih.

Nampak peserta yang hadir dimulai dari anak-anak di bawah umur, remaja putra-putri, kaum emak-emak dan bapak-bapak. Orator terus berorasi di atas mobil komando agar massa yang hadir terus bersemangat.

Baca Juga: Pembentukan Dewan Pengawas KPK Dianggap Wajar

"Berpendapat bahwa revisi UU KPK adalah untuk memperkuat KPK yaitu dengan rencana perubahan kewenangan KPK yaitu memiliki kuasa Eksekutorial untuk bisa langsung melaksanakan penetapan hakim atau keputusan pengadilan," kata Diki, salah satu orator dalam orasinya di atas mobil komando.

Demo KPK

Ia menilai, KPK selalu mengalami permasalahan internal yang terus menerus terjadi. Hal itu disebabkan adanya lembaga Wadah Pegawai KPK yang membuat lembaga antikorupsi itu bergerak lamban.

"Aliansi Rakyat Lawan Korupsi tidak melihat manfaat dari adanya Wadah pegawai KPK sehingga melalui momentum revisi UU KPK perlu adanya evaluasi besar-besaran atas kinerja KPK baik dari dalam maupun dari luar sehingga langkah pemberantasan korupsi di Indonesia semakin efektif dan sesuai dengan dasar UU," katanya.

Berikut tuntutan massa :

a. Mendukung sikap Presiden Joko Widodo terkait revisi UU KPK usulan DPR

b. Mendorong segera dilakukan revisi Undang-Undang KPK untuk memperkuat pemberantasan korupsi di Indonesia

c. Mendukung Komisioner KPK yang telah dipilih oleh DPR

d. Bubarkan Wadah Pegawai KPK yang diduga dipakai untuk kepentingan politik dan calo kasus

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini