nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija Meninggal Dunia

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 16:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 14 337 2104846 mantan-wali-kota-cimahi-itoc-tochija-meninggal-dunia-KVCZhRN09T.jpg Mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija (Foto: Sindo)

BANDUNG - Mantan Wali Kota Cimahi, Jawa Barat Itoc Tochija, yang juga terpidana kasus korupsi suap, meninggal dunia, pada Sabtu (14/9/2019). Itoc meninggal pada pukul 12.50 WIB saat menjalani perawatan di RSHS Bandung.

"Iya meninggal, karena sakit jantung," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Abdul Aris saat dikonfirmasi.

Aris mengatakan, Itoc sebelumnya menjalani perawatan selama enam hari. Namun kondisi terus memburuk. Sampai siang tadi, Itoc menghembuskan nafas terakhirnya, di rumah sakit.

Jenazah mantan orang nomor satu di Kota Cimahi itu tengah dalam proses untuk selanjutnya akan langsung diserahkan kepada pihak keluarga.

"Jenazah langsung diserahkan keluarga," katanya.

Baca Juga: Heboh Warga Ramai Selfie di Makam BJ Habibie, Netizen Menyayangkan

Ilustrasi

Aris menyebutkan, selama di Lapas Sukamiskin, Bandung, Itoc beberapa kali harus menjalani perawatan karena penyakit yang dideritanya. Bahkan, Itoc sempat menjalani sidang dalam keadaan sakit dan dibantu kursi roda serta tabung oksigen.

Seperti diketahui, Itoc Tochija saat ini mendekam di Lapas Sukamiskin karena perkara suap yang ditangani KPK. Ia divonis tujuh tahun penjara.

Belum usai menjalani pidana penjara, Kejari Cimahi kembali menjerat Itoc dalam perkara dugaan korupsi penyalahgunaan APBD Kota Cimahi 2006-2007 terkait penyertaan modal.

Kasus tersebut masih bergulir di Pengadilan Tipikor Bandung. Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri (PN) Bandung memvonis empat tahun penjara kepada mantan Wali Kota Cimahi Atty Suharti dan tujuh tahun penjara kepada suaminya Itoc Tohija dalam kasus korupsi pembangunan Pasar Atas Cimahi.

Baca Juga: 6 Fakta Prosesi Pemakaman BJ Habibie

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini