nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Demo Ricuh di Depan Gedung KPK

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 08:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 14 337 2104752 5-fakta-demo-ricuh-di-depan-gedung-kpk-nUaytNIOGn.jpg Demo ricuh di depan Gedung KPK. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

JAKARTA – Depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada Jumat, 13 September 2019, digeruduk massa pedemo.

Massa yang berjumlah sekira ratusan orang tersebut bentrok dengan pihak kepolisian yang berada di Gedung KPK. Berikut adalah sejumlah fakta terkait aksi tersebut yang Okezone rangkum:

1. Massa Mengaku Kumpulan dari Mahasiswa

Massa yang melakukan aksi demo di depan Gedung KPK diketahui berasal dari Himpunan Aktivis Indonesia dan Aliansi Pemuda Mahasiswa. Massa kemudian sempat melempar batu, membakar karangan bunga. Polisi pun membalasnya dengan menembakkan gas air mata untuk menertibkan massa.

2. Penyusup Copot Kain Hitam

Bentrokan yang terjadi di depan Gedung KPK terjadi lantaran dipicu adanya penyusup yang masuk ke gedung lembaga antirasuah. Penyusup itu masuk dan copot kain hitam yang sempat dipasang untuk menutupi tulisan KPK yang menempel di dinding gedung.

Kain itu sebelumnya dipasang oleh Saut Situmorang beserta Wadah Pegawai KPK. Pemasangan kain yang menutupi logo KPK itu sebagai aksi protes atas dinamika yang terjadi terkait KPK, seperti terpilihnya pimpinan yang dinilai punya masalah etik hingga disetujuinya revisi UU KPK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

3. Lempar Batu dan Karangan Bunga

Massa yang berasal dari mahasiswa sempat melakukan pelemparan batu dan bakar ban di depan Gedung KPK. Bahkan, sejumlah karangan bunga yang ada di lokasi ikut dibakar.

Demo ricuh di KPK. (Foto : Puteranegara)

Kericuhan diduga tak hanya dikarenakan adanya penyusup yang ingin mencopot kain hitam, tetapi juga karena massa tak diterima untuk bertemu dengan para pimpinan KPK.

4. Polisi Tangkap 2 Orang

Unjuk rasa di depan Gedung KPK pun berakhir dengan ricuh, dan massa sempat melempar batu. Lalu pihak kepolisian yang berjaga di sana mengamankan dua orang.

Pegawai KPK kumpul di depan Gedung KPK Pasca ricuh (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

5. Seluruh Pegawai Berkumpul


Baca Juga : Polisi Buru Perusuh di Depan Gedung KPK

Pasca-terjadinya kericuhan demonstrasi, seluruh pegawai KPK berkumpul di depan lobi Gedung KPK. Berkumpulnya para pegawai itu dikarenakan pimpinan KPK ingin memberikan keterangan melalui konferensi pers.


Baca Juga : Polisi Sempat Debat dengan Pegawai KPK Soal Pencopotan Kain Hitam di Logo  

(erh)

Berita Terkait

KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini