nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sumatera-Kalimantan Dikepung Asap, DPR Minta Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104641 sumatera-kalimantan-dikepung-asap-dpr-minta-tindak-tegas-pelaku-karhutla-k0UabbrrLD.jpg Asap pekat dampak karhutla (Foto: iNews)

JAKARTA - Hampir seluruh daerah di Sumatera dan Kalimantan dikepung asap yang disinyalir berasal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dalam beberapa hari belakangan ini. Bencana asap tersebut berpotensi menimbulkan penyakit berbahaya bagi warga sekitar.

Ketua Komisi VII DPR, Gus Irawan Pasaribu mengatakan, Karhutla yang menimbulkan asap hingga ke negara tetangga sangat memalukan. Politikus Gerindra tersebut meminta agar pemerintah melakukan tindakan tegas terhadap aktor-aktor serta perusahaan yang terlib‎at dalam Karhutla.

‎"Sekarang fungsi penegakan hukumnya yang ditegaskan. Saya sih sudah‎ dengar ya ada yang divonis juga kan. Nah, tapi kan harus dimaksimalkan, misalnya ganti rugi bayar sekian, kalau enggak mau bayar, paksa. Itu fungsi negara,"‎ ujar Irawan saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (13/9/2019).

Karhutla

Baca Juga: Api Lahap 150 Hektare Lahan di Gunung Merbabu

Tak hanya soal penindakan, sambung Irawan, ke depan, pemerintah juga perlu mengantisipasi musim-musim kemarau agar tidak menimbulkan dampak Karhutla y‎ang merugikan banyak pihak. Sebab, kejadian Karhutla di Indonesia bukan hanya terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.

‎"Pencegahan. Jadi, kan udah tau kalau musim-musim kemarau bulan-bulan segini ya. Harusnya ada tindakan imbauan, agar tidak bakar-bakaran. Kemudian, juga antisipasi musim kemarau agar tidak terjadi kebakaran," ucapnya.

Baca Juga: Bencana Kabut Asap Pekanbaru, Pesawat Citilink Dialihkan Mendarat ke Batam

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini