nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Nenek Maria Lidwina Jadi Sarjana di Usia 70 Tahun

Syaiful Islam, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104586 kisah-nenek-maria-lidwina-jadi-sarjana-di-usia-70-tahun-p75AWzPDzH.jpg Foto: Istimewa

SURABAYA - Maria Lidwina Endang Suwarni (70) jadi wisudawan tertua di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dalam Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tentu tak mudah baginya meraih gelar sarjana di usianya yang sudah lanjut.

Salah satu perjuangan adalah untuk berangkat ke tempatnya menimba ilmu. Jika anaknya tak bisa mengantar, nenek Maria harus naik-turun angkot dari rumahnya menuju kampus. Jarak rumah sang nenek yang berada di Manukan cukup jauh ke kampus.

"Kalau anak saya berhalang mengantar ke kampus, maka saya harus naik angkot. Itupun naik turun angkot dua kali dari rumah ke kampus. Kadang ikut teman juga," kata Maria, Jumat (13/9/2019).

Meski usianya sudah tak lagi lagi, semangat berkuliah sampai sarjana merupakan kebanggaan tersendiri baginya. Di samping itu, dia ingin memberikan contoh pada cucunya agar tetap semangat dalam mencari ilmu.

Foto: Ist

"Cucu pertama saya juga akan diwisuda pada November mendatang. Usia dan fasilitas bukan halangan buat saya, apalagi anak-anak mendorong agar saya bisa menyelesaikan kuliah,” ujar Maria.

Soal biaya kuliah, Maria mengaku diurus oleh ketiga anaknya. Selain itu, dia juga mendapat subsidi dari Unusa terkait program Bunda PAUD, sehingga tidak terlalu berat membayar SPP.

“Saya bersama teman-teman di PAUD lebih menekankan pada kegiatan sosial, membantu sesama. Saya tetap berkomitmen untuk memajukan dan tetap setia di PAUD sebagai ladang amalan di dunia,” ucapnya.

(qlh)

Berita Terkait

Viral

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini