nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heldy Djafar, Istri Kesembilan Soekarno yang Terpisah karena Situasi Politik

Demon Fajri, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 07:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104582 heldy-djafar-istri-kesembilan-soekarno-yang-terpisah-karena-situasi-politik-GNVwDTA1OY.jpg Foto: Ist

MENDENGAR nama soekarno mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. sosok pria yang akrab disapa Bung Karno ini adalah Presiden Pertama Republik Indonesia (RI).

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 merupakan pasangan suami istri (Pasutri) Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Tidak sedikit perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Dibalik perjuangan dalam meraih kemerdekaan, Pria yang meninggal dunia pada 21 Juni 1970 ini juga memiliki istri lebih dari satu orang. Siapa saja isri Sang Prolamator ini?

Dari catatan sejarah dan berbagai sumber yang diperoleh okezone, Presiden Pertama Periode 1945 hingga 1967 ini memiliki 9 orang istri.

Yakni, Siti Oetari, Inggit Ginarsih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Kartini Manoppo dan Heldy Djafar.

Heldy Djafar (Foto: Ist)

Saat Soekarno berusia 65 tahun, Bung Karno kembali menikah. Soekarno menikahi sosok perempuan asal Kutainegara, Kalimatan Timur. Heldy Djafar, namanya. Keduanya menikah pada tahun 1966.

Perempuan yang wafat pada usia 71 tahun ini merupakan istri kesembilan Soekarno.

Dari berbagai sumber yang diperoleh Okezone, Heldy Djafar, lahir di Tenggarong, Kutai Kartanegara provinsi Borneo. Di mana sosok perempuan ini kelahiran 11 Juni 1947.

Perempuan ini buah hati dari pasangan suami istri (Pasutri) H Djafar dan Hj Hamiah. Di mana sosok perempuan ini adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara.

Saat menikah, Soekarno berusia 65 tahun, sementara Heldy Djafar berusia 18 tahun. Ketua DPA Idham Chalid dan Menteri Agama Saifuddin Zuhri menjadi saksi dalam pernikahan, Bung Karno dan Heldy.

Pernikahan keduanya hanya bertahan dua tahun. Kala itu situasi politik sudah semakin tidak menentu.

Komunikasi tidak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Heldy sempat mengucap ingin berpisah. Namun, Bung Karno tetap bertahan. Soekarno hanya ingin dipisahkan oleh maut.

Pada 19 Juni 1968, ketika Heldy berusia 21 tahun menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor, keturunan dari Kerajaan Banjar. Kala itu, Heldy sedang hamil tua mendapat kabar, Soekarno meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1970, dalam usia 69 tahun.

Satu dari enam orang anaknya, Maya Firanti Noor, menikah dengan Ari Sigit, cucu Presiden RI Soeharto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini