nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo Berujung Bentrok karena Massa Dihalangi Temui Pimpinan KPK

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 15:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104480 bentrokan-di-kpk-dipicu-pencopotan-kain-hitam-dan-penolakan-audiensi-dengan-pimpinan-Y4svpCJMrk.jpg Demo ricuh di depan Gedung KPK. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

JAKARTA – Massa yang tergabung dalam Himpunan Aktivis Indonesia serta Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan NKRI menggelar demonstrasi di depan Gedung merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019). Demo tersebut berujung ricuh.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, awalnya aksi massa tersebut berlangsung dengan damai. Kordinator massa kemudian melakukan orasi. Dalam aksinya, mereka meminta DPR segera merevisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

Massa juga meminta Wakil Ketua Saut Situmorang dan Wadah Pegawai (WP) menarik pernyataannya terkait dengan adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Irjen Firli Bahuri. Mengingat, DPR sudah memutuskan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK.

"Saut Situmorang dan WP KPK menarik kembali pernyataan Firli soal melanggar kode etik berat," kata Koordinator aksi Asip Irama di depan Gedung KPK.

Massa juga memaksa untuk Saut Situmorang dan WP KPK agar meminta maaf kepada Firli Bahuri terkait pelanggaran kode etik. Mereka juga meminta internal lembaga antirasuah untuk melakukan evaluasi internal ke depannya.

"Kami meminta pimpinan mencopot Saut Situmorang atau segera mundur sebagai pimpinan KPK," ujar Asip.

Gedung KPK. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

Sebelum kericuhan terjadi, perwakilan aparat kepolisian sempat melakukan negosiasi dengan perwakilan pegawai KPK. Tetapi, pegawai KPK menolak kain hitam dicopot dari logo KPK.

Setelah negosiasi itu, secara tiba-tiba ada satu orang dari massa yang masuk ke dalam gedung dan berhasil mencopot kain hitam tersebut. Kericuhan pun tak terelakkan.

Pasalnya, para polisi dan pegawai KPK ikut mengamankan satu orang. Massa yang tak terima dengan hal itu langsung bereaksi. Hal itu mengingat salah satunya kawannya yang diamankan tersebut sempat dipukul oknum aparat dan pegawai.

Peristiwa itu terjadi begitu cepat. Massa hingga saat ini masih terus bertahan di depan Gedung KPK. Tak berselang lama, massa masih terus berusaha untuk masuk dengan tujuan bertemu pimpinan dan mencopot kain hitam.

Demo ricuh di KPK. (Foto : Puteranegara)

Namun, upaya itu kembali gagal. Bentrokan kedua kembali terjadi. Kali ini, massa melakukan perlawanan dengan melemparkan batu dan pembatas jalan ke dalam Gedung KPK.

Dalam rangkaian bentrokan ini, setidaknya ada dua orang dari pihak massa yang diamankan oleh kepolisian. Dari internal pegawai KPK pun sempat terpancing emosi dan langsung diamankan ke dalam gedung.

Baca Juga : Demo di KPK Ricuh, Massa Lempar Batu dan Bakar Ban

Belum diketahui, apakah dua orang massa itu ditahan atau sudah dilepaskan. Saat ini, massa sudah mulai tenang, tetapi masih bertahan di depan Gedung KPK.

Baca Juga : Demo di KPK Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

1
2

Berita Terkait

KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini