nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ungkap Alasan Cepat Kirim Supres Revisi UU KPK ke DPR

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 14:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104405 jokowi-ungkap-alasan-cepat-kirim-supres-revisi-uu-kpk-ke-dpr-ClopXqNkNt.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui langsung menyetujui usulan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau UU KPK dengan mengirimkan surat presiden (supres) ke DPR.

Padahal, pemerintah mempunyai waktu selama 60 hari untuk mempertimbangkan usulan revisi UU lembaga antirasuah tersebut.

Baca Juga: Jokowi: Saya Tidak Ada Kompromi dalam Pemberantasan Korupsi 

Menurut Jokowi, cepatnya penerbitan supres itu karena pemerintah hanya menyoroti 4-5 poin dalam draft revisi UU KPK tersebut. Pemerintah juga langsung menyusun Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dalam Rancangan UU KPK.

"DIM-nya kan hanya 4-5 isu. Cepat kok. Tapi ya itu, kalau sudah di sana, urusannya di sana," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

KPK

Jokowi tak ingin berkomentar banyak soal DPR yang tengah membahas RUU KPK itu, karena setiap lembaga mempunyai kewenangannya masing-masing. "Jangan ditanyakan ke saya. Setiap lembaga memiliki kewenangan sendiri-sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Laman Situs KPK Berubah Jadi Hitam, Ada Tulisan #SaveKPK 

Kepala Negara juga enggan menanggapi ihwal masa periode DPR 2014-2019 yang akan segera berakhir. Padahal, para wakil rakyat tengah membahas RUU KPK tersebut. Ia pun langsung meminta awak media mempertanyakan hal itu ke Komisi III DPR RI.

"Itu sudah urusan DPR. Kok tanyanya ke saya. Kita harus tahu ketatanegaraan kita, setiap lembaga kan memiliki kewenangan. Pertanyaan itu ke DPR," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini