nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Firli Bahuri Terpilih Jadi Ketua KPK, Polri: Transparan dan Demokratis

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 09:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104281 firli-bahuri-terpilih-jadi-ketua-kpk-polri-transparan-dan-demokratis-tnfSbmrvw8.jpg Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Mabes Polri mengapresiasi terpilihnya Irjen Firli Bahuri menjadi ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019–2023. Keputusan Komisi III DPR RI yang menobatkan salah satu perwira tinggi terbaik Polri ini dinilai transparan dan akuntabel.

"Polri menghormati keputusan DPR RI yang telah memilih secara transparan, demokratis, akuntabel, dan sesuai kompetensi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada Okezone, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Firli Bahuri Terpilih Jadi Ketua KPK 2019-2023 

Irjen Firli Bahuri. (Foto: Okezone)

Ia berharap di bawah nakhoda Firli, lembaga antirasuah menjadi lebih baik, sehingga tidak ada lagi aksi-aksi tindak pidana korupsi.

Diketahui, Irjen Firli Bahuri meraih suara terbanyak dalam voting pemilihan calon pimpinan KPK. Ada kandidat dalam pemilihan yang dilakukan 56 anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Baca juga: Firli Bahuri: KPK Kok Bertanggung Jawab ke Publik? Harusnya ke Kepala Negara 

Sementara empat calon lain yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata terpilih menjadi komisioner KPK.

Berikut ini raihan voting pemilihan pimpinan KPK.

1. Firli Bahuri: 56 suara.

2. Alexander Marwata: 53 suara.

3. Nurul Nurul Ghufron: 51 suara.

4. Nawawi Nawawi Pomolango: 50 suara.

5. Lili Pintauli Siregar: 44 suara.

Baca juga: Lolos Seleksi, 3 Capim KPK Ini Malah Dapat 0 Suara di DPR 

Adapun lima capim KPK lainnya yang tidak terpilih yakni Sigit Danang Joyo yang hanya mendapat 19 suara dan Luthfi Jayadi Kurniawan 7 suara.

Sementara tiga capim lagi sama sekali tidak mendapat suara. Mereka adalah Johanis Tanak, I Nyoman Wara, dan Roby Arya Brata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini