nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Prosesi Pemakaman BJ Habibie

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 07:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104258 6-fakta-prosesi-pemakaman-bj-habibie-lkdjYgEwZZ.jpg Prosesi pemakaman jenazah BJ Habibie (Sindo)

JAKARTA – Indonesia berduka atas wafatnya BJ Habibie. Prosesi pemakaman jenazah Presiden ketiga RI itu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September kemarin, diwarnai kesedihan dan dibanjiri banyak orang dari berbagai kalangan.

Masyarakat berbondong-bondong ke TMP Kalibata memberikan penghormatan terakhir ke BJ Habibie hingga membuat arus lalu lintas di sekitarnya padat merayap.

Prosesi pemakaman lewat upacara militer dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Selamat jalan Mr. Crack,” ucap Jokowi.

Berikut enam fakta dari pemakaman jenazah BJ Habibie:

1. Dimakamkan di Samping Pusara Hasri Ainun Besari

 

Jenazah mendiang BJ Habibie dimakamkan tepat di samping pusara sang istri, Hasri Ainun Besari di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Habibie dan Ainun hanya bisa dipisahkan oleh maut.

Kisah cinta keduanya ditulis sendiri dalam buku oleh Habibie dan sudah diangkat ke film layar lebar berjudul Habibie & Ainun, sekaligus menjadi inspirasi bagi anak muda.BJ Habibie

Peti jenazah BJ Habibie dibawa Paspampres (Okezone.com/Fakhri)

Habibie sangat terpukul ketika ditinggal oleh Ainun menghadap Sang Khalik. Habibie berwasiat, jika nanti dia meninggal maka dikuburkan di samping makam Ainun. Wasiat itu pun dijalani. Habibie kini berdampingan pusara dengan Ainun, cinta sejatinya.

2. Jokowi Pimpin Pemakaman

Upacara militer pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata dipimpin Presiden Jokowi. Sebagai inspektur upacara, Jokowi turut memberikan amat dan penghormatan terakhir.

Dalam pidatonya, Jokowi menyanjung BJ Habibie sebagai tokoh yang dijuluki Bapak Demokrasi sekaligus ilmuwan kelas dunia dan negarawan sejati. Ia mengutip kata-kata Habibie “tanpa cinta, kecerdasan menjadi berbahaya.”

3. Menag Lukman Hakim Pimpin Doa

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin pembacakan doa pada pemakaman BJ Habibie. Dalam doanya, Lukman berharap Habibie diampuni segala khilaf dan dosa, serta juga dilipat gandakan semua pengorbanan dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara semasa hidup.

 BJ Habibie

4. Dihadiri Wakil PM Malaysia

Pemerintah Malaysia bukan saja menyampaikan duka cita atas meninggalnya BJ Habibie, tapi turut juga menghadiri prosesi pemakamannya. Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail dan rombongannya datang langsung ke TMP Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir ke Habibie.

Wan Azizah didampingi Wakil Menteri Menteri Industri Utama Malaysia Datuk Sri Shamsul Iskandar dan pejabat-pejabat dari Kementerian Luar Negeri dan kantor wakil presiden.

5. Jenazah BJ Habibie

Ilham Akbar Habibie, putra mendiang BJ Habibie, orang pertama yang menurunkan jenazah ayahnya ke liang lahat.

Lalu, penaburan bunga pertama dilakukan oleh adik BJ Habibie, Suyatim Abdurrahman Habibie. Selain menjadi perwakilan menyerahkan jenazah BJ Habibie, Thareq Kemal yang merupakan putra kedua Habibie, turut memberikan pidato atas nama keluarga.

6. Bendera setengah tiang

Hari pemakaman BJ Habibie diwarnai pengibaran bendera merah putih setengah tiang di seluruh penjuru Tanah Air sebagai bentuk berkabung atas kepergian sang Presiden.

Selain instansi pemerintah, swasta dan rumah-rumah masyarakat, bendera setengah tiang juga berkibar di kantor-kantor kedutaan besar negara-negara sahabat di Jakarta.

Pemerintah sudah menetapkan tiga hari berkabung nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini