Fahri Hamzah Harus Gaet Tokoh Kuat untuk Besarkan Partai Gelora

Sarah Hutagaol, Okezone · Jum'at 13 September 2019 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 13 337 2104255 fahri-hamzah-harus-gaet-tokoh-kuat-untuk-besarkan-partai-gelora-JzdUdigXcJ.jpg Fahri Hamzah (Okezone.com/Rizky)

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah akan medirikan partai politik baru bernama Gelombang Rakyat (Gelora). Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta, Ujang Komaruddin menilai, Fahri harus merekrut tokoh lain jika ingin membesarkan Partai Gelora.

Menurut Ujang, partai politik sangat butuh tokoh-tokoh berpengaruh. Ia mencontohkan sosok Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto dan Surya Paloh yang menjadi simbol pemersatu partainya masing-masing.

"Karena kita tahu mendirikan partai itu kan tidak mudah, artinya butuh jaringan yang kuat, butuh finansial yang besar, lalu butuh dukungan tokoh-tokoh juga, mau secara nasional atau daerah," ucap Ujang kepada Okezone, Jumat (13/9/2019).

 Garbi

Ujang menilai masyarakat di Indonesia masih cenderung melihat tokoh dalam sebuah partai, ketimbang visi-misi. Jika tak ada tokoh yang kuat dan berpengaruh besar, partai tidak mudah mendapatkan simpati.

"Gelora ini kan bergantung pada dua sosok, Anis Matta sama Fahri Hamzah, yang baru dijual kan baru dua tokoh ini. Oleh karena itu harus ditebar tokoh-tokoh yang lain," ujar Ujang.

Fahri Hamzah dan Anis Matta merupakan politikus senior PKS yang kini sudah berkonflik dengan elite partainya yang digawangi Sohibul Iman Cs. Konflik itu diduga mendorong Fahri membentuk ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) yang akan bertransformasi jadi Partai Gelora.

Ujang memprediksi kader-kader Partai Gelora nantinya akan berasal dari barisan sakit hati PKS.

"Ya tentu pasukan utama komposisi dari partai yang baru tersebut tentu dari yang kecewa akan kepengurusan hari ini. Itu pasti kader utamanya akan diambil dari situ, tapi itu juga belum cukup," tutup Ujang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini