nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Firli Bahuri: KPK Kok Bertanggung Jawab ke Publik? Harusnya ke Kepala Negara

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 00:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 337 2104221 firli-bahuri-kpk-kok-bertanggung-jawab-ke-publik-harusnya-ke-kepala-negara-xm1tyjnqI3.jpg Firli Bahuri (Setneg)

JAKARTA - Cal‎on pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari unsur Polri, Irjen Firli Bahuri menyatakan tidak sepakat jika KPK harus bertanggung jawab ke publik. KPK, kata Firli, harus bertanggung jawab ke kepala negara bukan publik.

Firli mengutip ketentuan dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Dalam pasal tersebut, KPK sebagai lembaga negara, melaksanakan tugas dan wewenangnya secara independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun.

Selain itu, Firli juga menyatut Pasal 21 ayat 5 UU KPK. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa pimpinan KPK adalah pejabat negara. Karenanya, pejabat negara wajib bertanggung jawab kepada kepala negara atau presiden.

 Fit and proper test capim KPK

"Di situ kan disebut lembaga negara, kok bertanggung jawab kepada publik? Kalau dia bicara lembaga negara maka dia harus bertanggung jawab pada kepala negara," kata Firli saat menjalani fit and proper test di ruang Komisi III DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019), malam.

Baca juga: Firli Bahuri, Capim KPK dari Polri yang Sarat Kontroversi

Menurut Firli, seharusnya ada penataan penguatan KPK pada sistem ketatanegaraan untuk mengatur tanggung jawab KPK. Ia berpandangan sejauh ini sudah banyak kritik yang dilontarkan terhadap KPK, dan bahkan sampai masuk uji materi Mahakamah Konstitusi.

Selain itu, Firli juga menyoroti koordinasi yang seharusnya menjadi penguatan KPK dengan lembaga lain. Sehingga, KPK tidak dicap sebagai lembaga yang tertutup dengan lembaga-lembaga lainnya.

"Tidak (justru) terkurung dalam suatu rumah tempat tertutup. Tidak pernah kita lihat dari luar," katanya.

1
2

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini