nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amerika Serikat Akan Terus Mengingat Persahabatan dengan BJ Habibie

Salman Mardira, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 23:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104218 amerika-serikat-akan-terus-mengingat-persahabatan-dengan-bj-habibie-tVL1naZGHW.jpg Menteri Luar Negeri AS Michael R Pompeo (Foto Kedubes AS)

JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden ketiga RI B.J. Habibie. Menteri Luar Negeri AS Michael R. Pompeo mengenang hubungan baik BJ Habibie dengan negaranya.

"Atas nama pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga dan rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden B.J. Habibie," kata Pompeo dalam pernyataan pers yang diterima Okezone dari Kedutaan Besar dan Konsulat AS untuk Indonesia di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Presiden Habibie, lanjut Pompeo, telah memimpin negara dan rakyatnya melalui periode penting transisi demokrasi Indonesia yang luar biasa, dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

 BJ Habibie

BJ Habibie (Foto Kemenristek)

"Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara," ujar Pompeo.

Baca juga: Sosok BJ Habibie sang Ilmuwan dan Pemimpin Sejati

B.J. Habibie meninggal dunia di RSPAD Gator Subroto, Jakarta, Rabu 11 September 2019 malam, akibat gagal jantung. Ia sempat dirawat selama 11 hari di rumah sakit milik TNI Angkatan Darat itu. Habibie dimakamkan di samping pusara istrinya Ainun di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Baca juga: BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD

Habibie yang merupakan ilmuwan kelas dunia pernah menjabat menteri riset dan teknologi selama tiga periode pada era Presiden Soeharto. Ia kemudian naik tahta jadi Presiden RI setelah Soeharto dipaksa mundur oleh rakyat pada 1998.

Habibie adalah Presiden RI dengan masa jabatan yang singkat, tapi dianggap berhasil membuat Indonesia keluar dari krisis moneter saat itu dan mengubah sistem otoriter yang dibangun Soeharto menjadi demokrasi.

Habibie membuat gebrakan penting untuk negara dengan melahirkan Undang-Undang Pers. Kebebasan pers adalah sesuatu yang langka semasa Soeharto memimpin. Hadirnya UU Pers sekaligus membuka kran kebebasan berpendapat dan terwujudnya demokrasi di Indonesia.

Pemerintah Indonesia menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari dengan menganjurkan institusi dan masyarakat mengibarkan bendera merah putih setengah tiang, sebagai wujud belasungkawa dan penghormatan atas wafatnya B.J. Habibie.

Habibie menginspirasi banyak orang dengan kecerdasannya. Kisah cintanya dengan Ainun yang ditulisnya dan sudah diangkat dalam film layar lebar berjudul Habibie & Ainun juga menjadi inspirasi bagi anak muda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini