nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Disampaikan Xanana Gusmao saat Peluk Cium BJ Habibie

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 23:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104204 ini-yang-disampaikan-xanana-gusmao-saat-peluk-cium-bj-habibie-abpA7KU3Lo.jpg Xanana Gusmao mencium jidad BJ Habibie (Istimewa)

JAKARTA - Presiden Ketiga RI BJ Habibie sempat dijenguk oleh Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao, sebelum wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu 11 September 2019 malam. Habibie dan Xanana sempat berpelukan dan berkomunikasi. Apa isinya?

Momentum Xanana menjenguk Habibie diabadikan dalam sebuah video yang kemudian viral di media sosial sekaligus membuat haru para warganet yang menontonnya. Seperti pertemuan dua sahabat yang lama berpisah, Habibie dan Xanana tampak sangat intim.

Xanana dengan raut sedih terlihat sempat bicara sesuau ke Habibie sebelum mencium jidad menristek era Presiden Soehato itu yang terbaring di ranjang perawatan. Lalu, Habibie memeluk Xanana penuh haru. Xanana pun membalas pelukan dan menyandarkan kepalanya ke dada Habibie.

Rubijanto 

Asisten pribadi BJ Habibie, Rubijanto memberi keterangan pers (Okezone.com/Sarah)

Asisten pribadi BJ Habibie, Rubijanto menceritakan, momentum Xanana menjenguk BJ Habibie itu terjadi pada Agustus 2019. Menurutnya, Xanana saat itu hendak mengundang Habibie ke peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus.

"Tapi karena keadaan beliau (Habibie) sedang berbaring di rumah sakit, sehingg kami batalkan. Xanana sendiri yang hadir ke Jakarta," ujar Rubijanto saat ditemui di rumah almarhum Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Video Peluk & Cium Xanana Gusmao untuk BJ Habibie Bikin Haru

Rubijanto mengatakan, BJ Habibie meminta maaf ke Xanana karena tak bisa menghadiri undangannya karena kondisi sedang sakit. Padahal, rakyat Timor Leste sudah menyiapkan acara khusus menyambut kedatangan Habibie seperti diungkapkan Xanana.

"Di Timor-Timor sudah disiapkan untuk acara-acara yang cukup berterima kasih dari Timor Leste karena dari beliau, bisa merdeka dan seterusnya," ujar Rubijanto.

Xanana Gusmao yang pernah dipenjara oleh pemerintah Soeharto karena menjadi tokoh pejuang kemerdekaan Timor Leste yang saat itu masih bagian dari Indonesia, berutang budi kepada BJ Habibie. Karena, saat menjadi Presiden setelah Soeharto tumbang, Habibie lah yang membebaskan Xanana dari penjara.

Habibie juga Presiden yang memberikan referendum kepada Timor Leste. Lewat referendum itu, Timor Leste kemudian merdeka dari Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini