nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telusuri Perjalanan BJ Habibie Menembus Seluruh Lini

Edi Hidayat, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 07:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104172 telusuri-perjalanan-bj-habibie-menembus-seluruh-lini-6rIxXnZTwO.jpg BJ Habibie (Foto: Okezone/Arief)

TANGGAL 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan, lahirlah Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa BJ Habibie ke dunia ini. Anak keempat dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan Raden Ajeng Tuti Marini Puspowordjojo itu tumbuh dalam keluarga yang religius.

Memiliki ayah yang merupakan ahli pertanian berdarah Bugis dan ibu seorang dokter spesialis mata berdarah Jawa, BJ Habibie tumbuh dengan kecerdasan yang luar biasa. Setelah ayahnya meninggal, BJ Habibie bersama keluarganya hijrah ke Bandung, dan dimulailah karier pendidikannya yang menuai prestasi.

Setelah lulus SMA di tahun 1954, BJ Habibie melanjutkan pendidikannya di ITB (Institute Teknologi Bandung) yang saat itu namanya masih Universitas Indonesia Bandung dengan jurusan Teknik Mesin.

Karier pendidikan BJ Habibie itu pun menuai kesuksesan dengan mendapatkan beasiswa di bawah program Pemerintahan saat itu Presiden Soekarno. BJ Habibie akhirnya melanjutkan pendidikannya ke Jerman sejak tahun 1955 hingga 1965.

Habibie

Perjalanan Cinta BJ Habibie

Kisah cinta BJ Habibie berlabuh di sosok wanita bernama Hasri Ainun Besari. Berawal ketika sama-sama bersekolah di SMA Kristen Dago Bandung, Jawa Barat, mereka sepakat untuk memadu kasih.

Namun kisah cinta mereka terlibat long distance relationship atau hubungan jarak jauh pada saat BJ Habibie mendapat beasiswa ke Jerman. Berkat kuatnya cinta mereka, hubungan mereka pun berakhir dengan pernikahan yang digelar tanggal 12 Mei 1962 di Rangga Malela, Bandung, dan melanjutkan kehidupannya di Jerman.

Habibie

Karier dan Kenegaraan

Dengan berbagai pengalaman karier di bidang teknologi, tahun 1973 BJ Habibie kembali ke Indonesia atas permintaan mantan presiden Soeharto. BJ Habibie mengawali tugas kenegarannya sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi.

Puncak tugas kenegaraanya saat dipercaya menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia hingga menjadi Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Sebagai bukti kecerdasan dari seluruh ilmu yang dimiliki, BJ Habibie mampu mengubah kondisi kekacauan Indonesia menjadi lebih baik.

Habibie

BJ Habibie Harumkan Nama Bangsa lewat Dua Karya Pesawat Terbang

BJ Habibie mampu mengharumkan Indonesia di dunia lewat karya-karyanya seperti menciptakan sua pesawat yang dikenal pesawat Gatotkaca N-250 dan Pesawat R80.

Pesawat Gatotkaca N-250 yang melakukan penerbangan perdana pada 10 Agustus 1995. Indonesia pun tercatat mampu membuat pesawatnya sendiri.

Tidak hanya di dalam negeri, Habibie juga dipercaya melakukan proyek berskala internasional di luar negeri. Habibie pernah terlibat dalam proyek desain serta konstruksi pesawat terbang seperti Fokker F 28, Transall C-130, Hansa Jet 320, Air Bus A-300, pesawat transport DO-31, CN-235, serta CN-250.

Pesawat

BJ Habibie Gemar Koleksi Kendaraan

Di balik sosok negarawan, BJ Habibie juga ternyata gemar mengoleksi beberapa kendaraan pribadi seperti motor gede dan mobil klasik.

Rata-rata mobil yang dikoleksi oleh Pak Habibie merupakan keluaran produsen otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz. Diantara beberapa mobil klasik Mercedes-Benz miliknya, terdapat salah satu mobil yang disayangi oleh Pak Habibie, yakni Mercedes-Benz 300SL Gulwing buatan tahun 1954.

Mobil Habibie

Kisah BJ Habibie Difilmkan

BJ Habibie juga dinilai memiliki kedekatan dengan para seniman dan artis Tanah Air. Hal itu karena kisah kehicupan BJ Habibie difilmkan.

Film Habibie & Ainun yang diperankan Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari sukses di pasaran. Bahkan filmnya akan kembali diproduksi dengan judul Habibie & Ainun 3.

Film Habibie

BJ Habibie Sosok Pujangga

Kalimat-kalimat cinta yang diucapkan BJ Habibie menjadikan sosok yang berbeda. Ungkapan cintanya kepada sang istri menjadikan sosok BJ Habibie sebagai seorang pujangga.

Wafat pada tanggal 11 September 2019 di usia 83 tahun, sosok BJ Habibie telah menembus ke seluruh lini, menjadikan sosok yang religius, negarawan, memiliki karier cemerlang hingga mampu dikenang dalam ranah seni dan hiburan.

Selamat jalan Eyang, semoga amal ibadahmu diterima Allah. Amin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini