nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BJ Habibie Semasa Hidup Ingin Rumah Kelahirannya Jadi Museum

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 20:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104159 bj-habibie-semasa-hidup-ingin-rumah-kelahirannya-jadi-museum-kXSX4CG2pJ.jpg BJ Habibie (Instagram b.jhabibie)

MAKASSAR - Rumah kelahiran almarhum Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) BJ Habibie di Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, akan dijadikan museum. Hal itu ternyata sebuah keinginan dari BJ Habibie semasa hidupnya.

Saat itu, BJ Habibie bertemu Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. Lalu mengusulkan rumahnya dijadikan museum saat melakukan kunjungan di Kota Parepare pada 2017 lalu.

Taufan mengatakan, usulan itu langsung direspons dengan tantangan. "Beliau (BJ Habibie) menantang saya dengan mengatakan 'saya tantang kamu Taufan untuk membuat museum di rumah kelahiran saya," kata Taufan saat meninjau lokasi kediaman masa kecil bapak teknologi Indonesia itu.

Baca Juga: Tahlilan 40 Hari untuk BJ Habibie Digelar seperti Berpulangnya Ainun

Taufan mengatakan, salah satu kediaman almarhum BJ Habibie yang terletak di jantung kota Parepare, yang alamatnya mengambil nama dari bapak kandung BJ Habibie yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie.

"Ini akan menjadi museum satu-satunya di dunia," ujar Taufan, Kamis (12/9/2019).

Rumah kelahiran BJ Habibie

Sosok BJ Habibie, menurut Taufan sebagai sumber inspirasinya dalam membangun Kota Parepare, tidak hanya dilihat dari sisi kepribadiannya.

"Saya menjadikan ia sebagai inspirasi saat membangun Parepare, baik dari segi infrastuktur maupun karakter kota," ujar Taufan.

Baca Juga: Menengok Tempat Tinggal BJ Habibie Semasa SD di Parepare

BJ Habibie wafat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta di usia 83 tahun pada Rabu 11 September 2019. Jenazahnya telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis 12 September 2019.

Baca Juga: Mantan Ajudan Ungkap Kemesraan BJ Habibie-Ainun Bak Pengantin Baru

(Ari)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini