nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahlilan 40 Hari untuk BJ Habibie Digelar seperti Berpulangnya Ainun

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 20:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104155 tahlilan-40-hari-untuk-bj-habibie-digelar-seperti-berpulangnya-ainun-VyKG5vCDPD.jpg Ainun dan BJ Habibie (Foto: Instagram)

JAKARTA - Usai prosesi pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, selesai dilaksanakan, keluarga mendiang BJ Habibie menggelar tahlilan yang diadakan di rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan Okezone, acara tahlilan sudah dimulai usai Salat Isya. Namun sejumlah kerabat, dan juga masyarakat masih berdatangan ke lokasi untuk terus menghantarkan doa.

Tahlilan di rumah Habibie (Foto: Okezone/Sarah)

Sebelum memulai acara, anak dari mendiang BJ Habibie, Ilham Habibie menyampaikan bahwa tahlilan dilakukan dengan menunaikan salat berjamaah, dan juga mendengarkan ceramah selama 40 hari ke depan.

"Perlu kita sampaikan bahwa 40 hari tahlilan, kita akan bertemu di sini, berjumpa di sini, tahlilan, salat bersama-sama, mendengar ceramah. Karena hal itu juga kita lakukam saat ibu wafat 9 tahun lalu," ucap Ilham, Kamis (12/9/2019).

Ilham pun sempat bercerita bahwa ketika sang ayah menghembuskan nafas terakhirnya dikelilingi oleh orang-orang terdekat dan dicintainya. Oleh sebab itu, ia menyebutkan kalau BJ Habibie meninggal dunia dalam kebahagiaan.

Baca Juga : Keluarga BJ Habibie Akan Gelar Tahlil Selama 40 Hari

Baca Juga : Menengok Tempat Tinggal BJ Habibie Semasa SD di Parepare

"Seluruh keluarga, banyak teman masih memberikan beliau cium terakhir sebelum nafas terakhir. Saya pribadi juga berada langsung di dekat kepalanya, bapak meninggal dalam pelukan dan cinta kita semua," ungkapnya.

"Saya kira itu lah alasannya hari ini kita melihat bapak wajahnya seperti senyum. Karena bapak itu meninggal dalam kebahagiaan dan merasa bukan saja mencintai orang tapi juga dicintai orang," tutup Ilham.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini