nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Capim Luthfi Jayadi Sepakat Revisi UU KPK

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104108 capim-luthfi-jayadi-sepakat-revisi-uu-kpk-x8fZleglKw.jpg Luthfi Jayadi Kurniawan (Foto: Youtube/Kementerian Setneg RI)

JAKARTA - Calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merupakan Dosen Universitas Muhammadiyah Malang, Luthfi Jayadi Kurniawan‎ menyatakan sepakat dengan adanya revisi Undang-Undang (UU) KPK. Hal itu ditegaskan Jayadi di depan para anggota Komisi III DPR RI.

"Tentang UU KPK, semua bisa direvisi. Semua produk hukum itu bisa diubah. Karena perubahan UU sudah diamanatkan," kata Luthfi Jayadi saat menjalani fit and proper test di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Kendati demikian, menurut Luthfi, revisi UU KPK perlu kehati-hatian khusus dalam menyepakatinya. Sebab, revisi UU KPK rawan didugat melalui uji materi terhadap UU di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ilustrasi

"Namun yang direvisi harus betul hati-hati agar tidak menimbulkan pro dan kontra. Misalnya nanti dalam waktu sekejap ada yang masuk melakukan uji materi di MK," ucapnya.

Selain itu, Luthfi juga setuju mengenai adanya pengawasan terhadap lembaga antirasuah. Namun, ditekankan Luthfi, teknis pengawasan itu harus berjalan lurus dengan yang ada di Undang-Undang.

"Namun metodenya itu teknis di UU. Bagaimana menjalankan pengawasan itu tergantung UU," jelasnya.

Baca Juga : Jimly Dukung Pembentukan Dewan Pengawas KPK

Baca Juga : Video Peluk & Cium Xanana Gusmao untuk BJ Habibie Bikin Haru

Kata dia, pimpinan KPK wajib mematuhi revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 bila sudah disahkan menjadi produk. Pasalnya, pimpinan KPK juga termasuk dalam pelaksana UU.

‎"Sebagai pelaksana UU. Maka harus patuh terhadap UU," ujarnya.

(aky)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini