nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menengok Tempat Tinggal BJ Habibie Semasa SD di Parepare

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 16:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104040 menengok-tempat-tinggal-bj-habibie-semasa-sd-di-parepare-mweoDRDNGF.jpg BJ Habibie (Foto: Instagram/ @mellygoeslow)

MAKASSAR - Semasa kecil almarhum Presiden ketiga Republik Indinesia Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie pernah sekolah di sebuah Sekolah Rakyat yang saat ini menjadi SD Negeri 4 di Parepare, Sulawesi Selatan.

Semasa sekolah, BJ Habibie tinggal di sebuah rumah ukuran sekitar 8 X 10 meter persegi yang berada di Jalan Bau Massepe Nomor 5 Parepare, Sulawesi Selatan.

Awak media mencoba mengulik jauh tentang jejak sejarah BJ Habibie semasa masih tinggal di Parepare, Sulawesi Selatan dengan mendatangi rumah tersebut Kamis 12 September 2019.

Setelah melewati pintu utama rumah terdapat ruang tamu yang diisi beberapa kursi panjang berwarna merah. Di ruang tamu itu juga terdapat sebuah foto BJ Habibie berdampingan dengan seorang anak kecil laki-laki.

Lepas dari ruang tamu terdapat sebuah lorong yang menuju ke bagian belakang rumah. Lorong itu terdapat sebuah kamar sebelah kanan.

Rumah BJ Habibie semasa kecil di Pare Pare (Foto: Okezone.com/Herman)

Di rumah berwarna putih kombinasi biru inilah BJ Habibie dilahirkan pada 25 Juni 1936 silam.

BJ Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di rumah itu. Saudara BJ Habibie yakni Junus Effendi Habibie, Alwini Karsum Habibie, Satoto Mohammad Duhri Habibie, Sri Sulaksmi Habibie, Sri Rahayu Fatima Habibie, Sri Rejeki Habibie, Ali Buntarman, Suyatim Abdurrahman Habibie

Baca Juga : Ilham Akbar Habibie: Semoga Bapak dan Ibu Ainun Bersatu di Surga

Baca Juga : Emil Dardak Diminta Jaga Rahasia Tentang Sakitnya BJ Habibie

Pemilik rumah, Rio Usman Balo, kepada wartawan mengatakan BJ Habibie lahir di rumah ini. Saat proses lahiran sang ibu, Tuti Marini dibantu oleh Sanro. Sanro atau dukung beranak adalah sebutan warga suku Bugis-Makassar untuk bidan saat itu.

"Di rumah ini BJ Habibie lahir dan ini kamar BJ Habibie waktu masih kecil," kata Rio sembari menunjuk kamar dalam rumah itu.

Di dalam kamar itu, tiga buah lemari yang terbuat dari kayu dan sebuah tempat tidur atau ranjang. Luas kamar tersebut sekitar 4X4 meter persegi. Ranjangnya pun berbentuk persegi panjang disertai dengan kelambu berwarna putih.

Dalam kamar itu pula, terpajang beberapa foto berwarna yang menunjukkan wajah BJ Habibie. Di rumah ini lah BJ Habibie tumbuh dan sempat sekolah di sekolah dasar.

"Ranjang ini pernah ditempati Mantan Presiden kita (BJ Habibie). Termasuk juga lemari, juga miliknya saat sekolah di sini," jelasnya.

Rio mengaku BJ Habibibie memiliki nama panggilan, semasa kecil BJ Habibie biasa dipanggil Rudy.

Hanya saja Rio mengaku kurang tahu banyak soal sejarah BJ Habibie semasa kecil selama tinggal di rumah ini. "Kalau itu saya tidak terlalu tau banyak, saya tidak berani menceritakannya, takut salah," tutup dia.

BJ Habibie kemudian menikah dengan Hasri Ainun Besari pada 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini