nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alexander Marwata Sebut Konpers Pelanggaran Etik Firli Tak Sah

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104019 alexander-marwata-sebut-konpers-pelanggaran-etik-firli-tak-sah-Bc5v3jcyvJ.jpg Alexander Marwata (Foto: okezone)

JAKARTA - Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) petahana, Alexander Marwata dicecar Komisi III DPR soal dugaan pelanggaran etik yang dilakukan mantan Deputi Penindakan KPK, Irjen Firli Bahuri. ‎Alexander dicecar Komisi III saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Awalnya, Komisi III DPR menyoroti soal adanya konferensi pers (konpers) yang dilakukan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang terkait dugaan pelanggaran etik Firli. Anggota Komisi III Muhammad Syafii mempertanyakan soal legalitas konpers yang diumumkan oleh Saut tersebut.

"Berani enggak dia (Alexander) menegaskan apa yang dilakukan Pak Saut ilegal?" tanya Syafii di ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga: Dicecar Komisi III, Alexander Marwata Akui Ketidakkompakan Pimpinan KPK

Alex enggan menjawab dengan gamblang pertanyaan politikus Partai Gerindra tersebut. Ia berdalih sebelumnya tiga pimpinan KPK menginginkan agar kasus dugaan pelanggaran etik ini ditutup. Sebab, Firli telah ditarik kembali oleh kesatuannya, Polri.

Alexander Marwata

Tiga pimpinan KPK yang sepakat untuk menghentikan pelanggaran etik itu yakni Alexander, Agus Rahardjo dan Basaria Pandjaitan. Kata Alex, jika menganut sistem kolektif kolegial, seharusnya dugaan pelanggaran etik tersebut dihentikan karena disepakati oleh tiga pimpinan.

"Disposisi terakhir, harus secara tegas menyatakan agar kasus ditutup karena yang bersangkutan sudah diberhentikan dengan hormat," ucap Alex.

"Kalau dari mekanisme pengambilan keputusan, kalau yang tiga menyatakan kasus ditutup, tentu seharusnya dari prinsip kolektif kolegial, harusnya berhenti," imbuhnya.

Baca Juga: Alexander Marwata Beberkan Pemberhentian Firli Bahuri dari KPK

(Ari)

Berita Terkait

Pansel KPK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini