nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Kenang Sosok BJ Habibie yang Tak Pernah Mau Berhenti Belajar

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 12 September 2019 15:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2104000 anak-kenang-sosok-bj-habibie-yang-tak-pernah-mau-berhenti-belajar-x05IUvxIDk.jpg Suasana pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jaksel, Kamis (12/9/2019). (Foto : screenshot iNews TV)

JAKARTA – Ilham Akbar Habibie memiliki kesan mendalam terhadap mendiang ayahnya, presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Ia memandang ayahnya tersebut sebagai sosok yang tidak pernah mau berhenti untuk terus belajar.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk dapat mencontoh sikap Bapak Teknologi Indonesia tersebut untuk terus belajar.

“Beliau punya sikap, pertama sampai akhir hayat Bapak tidak pernah mau berhenti belajar. Selalu ada hal baru yang kita mengerti, mulai dari tantangan masalah, sampai mencari solusi untuk lebih baik,” kata Ilham saat pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Putra pertama Habibie itu mengatakan, ayahnya tidak pernah menyerah dan lelah untuk mencapai tujuannya. Bahkan, ketika usainya mulai menua dan penyakit mulai menggerogoti tubuhnya.

“Kita tahu pas usia lanjut dan menderita penyakit yang paralel, Bapak tetap hadir ke berbagai acara untuk memberi masukan, nasihat yang diperlukan,” ucapnya.

Suasana pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata Jaksel, Kamis (12/9/2019). (Foto : Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

Ilham juga mengenang sikap Bapak Demokrasi yang terbuka dan merangkul semua pihak. Menurutnya, ayahnya itu tidak membeda-bedakan setiap pihak.

“Sikap bapak terbuka ke semua, merangkul semua pihak, tidak membedakan antarpihak, kita melihat yang baik dari manusia dan me-manage yang kurang baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, Habibie memiliki jejak dan wasiat tidak hanya di Indonesia, tapi di Jerman, Asia, serta banyak negara lainnya.


Baca Juga : Belasungkawa Warga Parepare di Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Ilham mengajak semua pihak untuk meneladani dari sikap dan semangat BJ Habibie.

“Bapak, semangat ini diterapkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, umat, dan bangsa. Sampai jumpa Bapak di akhirat, selamat jalan. Kita semua mencintai Bapak. semoga husnul khotimah dan minta maaf atas hal salah yang kita buat baik sengaja dan tidak sengaja ke Bapak,” tuturnya.


Baca Juga : Ilham Akbar Habibie: Semoga Bapak dan Ibu Ainun Bersatu di Surga

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini