nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilham Akbar Habibie: Semoga Bapak dan Ibu Ainun Bersatu di Surga

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 12 September 2019 14:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 337 2103993 ilham-akbar-habibie-semoga-bapak-dan-ibu-ainun-bersatu-di-surga-IBxgBHT9f3.jpg Habibie-Ainun.

JAKARTA - Ilham Akbar, putra Presiden ketiga RI, BJ Habibie menyampaikan pidato dalam upacara pemakaman sang ayah. Ilham banyak bercerita soal semangat ayahnya dalam memperjuangan kemajuan teknologi dan kebaikan bagi bangsa dan negara.

Tak lupa, Ilham juga mengingat besarnya cinta ayahnya untuk almarhumah Ainun. Setelah Ainun dimakamkan sembilan tahun lalu, Habibie tak lupa untuk terus membacakan tahlil dan nyekar ke makam istri tercinta setiap JUmat.

Menurut Ilham, upacara kenegaraan yang berlangsung khidmat adalah hal terbaik yang bisa diberikan oleh negara pada keduanya. Terlebih, makam Habibie disandingkan dengan makam Ainun di TMP Kalibata, Jakarta.

"Saya ingat 9 tahun lampau, kita melihat upacara Ibu Ainun, mama kita tercinta, tak kalah khidmatnya, ini adalah upacara kenegaraan yang bisa kita berikan ke Bapak-Ibu dengan sebaik-baiknya. Mereka sekarang bisa bersatu dalam akhirat, sesuatu yang didambakan oleh Bapak sejak Ibu wafat"

"Bayangkan Bapak setiap hari tahlil, setiap Jumat ke makam, begitu setia Bapak dengan Ibu sampai dikubur pun di sebelah, mudah-mudahan, mereka bersama berdua selamanya di sisi Allah, di surga di akhirat," ucap Ilham, Kamis (12/9/2019).

Habibie-Ainun.

Ilham mengajak masyarakat untuk belajar dari Habibie, terutama soal semangatnya untuk tak mau berhenti belajar dan tak menyerah walau didera sakit.

"Sampai akhir hayat Bapak tidak pernah mau berhenti belajar, selalu ada hal baru yang kita mengerti, mulai dari tantangan masalah, sampai mencari solusi untuk lebih baik"

"Seperti disampiakan Bapak Jokowi, Bapak tidak pernah menyerah dan tidak kenal lelah mencapai tujuan, kita tahu pas usia lanjut dan menderita penyakit yang paralel, Bapak tetap hadir ke berbagai acara untuk memberi masukan, nasehat yang diperlukan," ujar Ilham. Selain itu, kata Ilham, ayahnya juga selalu terbuka bagi sesama, tak ada yang dibedakan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini